Agar Tahan Lama, Michelin Revisi Ban Lunak MotoGP

0
135
Ban_Michelin_MotoGP
Ban Michelin untuk MotoGP. Foto: Dok. NMC

Doha (naikmotor) – Michelin menginformasikan akan memberikan suplai ban lunak yang telah disempurnakan untuk seri pertama MotoGP 2016 di Qatar. Ban lunak itu diklaim lebih awet saat dipakai pada balapan dalam waktu lama.

Masalah ban menjadi topik pembicaraan pada tes pramusim terakhir di Qatar, akhir pekan lalu. Banyaknya jumlah pembalap yang terjatuh disinyalir akibat dari sulitnya mengontrol ban lunak yang diproduksi produsen asal Perancis tersebut.

Setelah melakukan perbincangan dengan beberapa pihak, dan pengecekan terhadap kualitas ban, Michelin mengumumkan ban tipe 34 atau ban lunak yang lebih keras, namun berbeda dari ban tipe hard. Ban tesebut memiliki komposisi karet yang lebih tebal di sisi kanan.

“Kami telah memastikan pilihan kami mengenai ban depan dan belakang,” ucap Technical Director Michelin, Nicolas Goubert dikutip dari Motorsport.

Banyaknya masalah yang dialami pembalap di tes kemarin, dinilai Michelin akibat dari pemakaian ban lunak dalam waktu yang terlalu lama.”Karena itu kami harus sedikit menyesuaikan spesifikasi  untuk membuat (ban lunak) itu lebih kuat,” beber Goubert

Sejauh ini, permasalahan hanya terjadi pada ban lunak saja, sementara ban tipe keras bekerja cukup baik. Ban untuk seri pembuka akan dipasok kurang dari dua minggu ke depan. Rangkaian seri perdana MotoGP 2016 akan dimulai tanggal 17 Maret, dan balapan berlangsung 20 Maret di Sirkuit Losail, Qatar. (Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY

*