Ini Kunci Kemenangan Tipis Andi Gilang

0
33
Andi_Gilang_ATC_Qatar_2016_4
Andi Gilang #23 hanya unggul tipis dari rider Thailand untuk rebut kemenangan. Foto: ATC

Losail (naikmotor) — Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Andi Gilang menunjukkan kualitasnya di Sirkuit Losail, Qatar pada race 2 Asia Talent Cup (ATC) 2016 sekuel kedua. Pembalap yang memiliki nama asli Andi Izdihar ini merebut kemenangan tipis dari Somkiat Chantra dari Thailand.

Gilang unggul “sprint” selepas tikungan terakhir dari Somkiat. Pembalap asal Sulawesi ini hanya lebih cepat 0,034 detik dari Somkiat saat menyentuh garis finis.

“Gilang sudah tahu power motornya lebih unggul dari Chantra. Terbukti beberapa kali mencetak fastest lap. Seperti di lap keempat yang membubuhkan waktu 2 menit 11,07 detik. Hanya saja, dengan kondisi angin yang kencang di lintasan, tak cukup baginya membuat gap dengan Chantra. Jadi, dia berhitung, rugi apabila terus-terusan di posisi terdepan,” tulis laman media social AHRT selepas Gilang mampu merebut podium tertinggi.

Karena, hambatan angin pasti lebih besar. Ban lebih boros, mesinpun lebih berat kerjanya. Akhirnya, slipstreaming atau curi-curi angin adalah langkah strategi paling tepat. Saat lepas dari tikungan terakhir menjelang garis finish, di situlah powernya diumbar hingga limit. Merangsak dan menggunting mahkota juara milik Chantra di trek lurus.

Komentator MotoGP pun menjuluki Andi Gilang sebagai Good Tactical Rider. Selamat buat Andi Gilang. (Wl/nm)

Andi_Gilang_ATC_Qatar_2016_1

LEAVE A REPLY

*