Salut, Uganda Bagikan Sepeda Motor Listrik Gratis, Percepat Elektrifikasi

0
Uganda Bagikan EV Gratis
Zembo emotorbike

Menurut Museveni, pemerintah akan menyediakan sepeda motor listrik sebagai tukar tambah bagi setiap warga Uganda yang saat ini mengendarai sepeda motor bertenaga ICE. “Kami telah sepakat dengan beberapa investor, untuk mengambil yang bensin dan memberikan yang listrik kepada pemiliknya. Dengan pertukaran ini akan menghemat biaya penggunaan sepeda motor 50%,” terangnya.

Sepeda motor listrik untuk dibagikan itu adalah model Uganda yang diproduksi di dalam negeri yang umumnya dijual seharga sekitar 5 juta Shilling Uganda (sekitar US $1.350). Prasarana seperti tempat penukaran baterai dan stasiun charging telah banyak didirikan di Kampala, ibukota Uganda. Perusahaan, seperti Zembo, sudah mengoperasikan lebih dari selusin stasiun pengisian dan pertukaran di ibu kota negara Kampala.

Sementara stasiun tambahan sudah ditambah untuk menjangkau lebih jauh ke luar kota. Tiga lainnya telah didirikan di sepanjang jalan Masaka di kota Buwama, Lukaya dan Masaka.

Uganda Bagikan EV Gratis
Stasiun charging dan swap baterai di Kampala

Komponen sepeda motor listrik yang paling mahal adalah baterainya dan untuk itu pengendara tidak perlu memiliki baterai. Mereka akan menyewa baterai. Ketika kehabisan, pengendara akan ke stasiun pengisian berikutnya untuk menggantinya dan membayar sejumlah uang untuk mendapatkan baterai lain yang penuh. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here