Pangkal Pinang Tiga Tahun Gelar World Motocross (MXGP)

1
105
MXGP_Indonesia_1
Penandatangan MoU antara Walikota Pangkal Pinang dan Youthstream untuk MXGP Indonesia di Kemenpora (23/3/2016). Foto: Wl

Jakarta (naikmotor) — Masih belum jelasnya penyelenggaran MotoGP Indonesia tersiar kabar baik dari ajang balap lainnya. World Motocross yang dinamakan MXGP akan sambangi Indonesia mulai tahun depan.

Kepastian tersebut diperoleh setelah ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antara Walikota Pangkal Pinang dengan promotor World Motocross (MXGP) Youthstream yang diwakili Wakil Presiden Youthstream Luigi Zompetti. Pangkal Pinang akan menjadi tuan rumah MXGP selama 3 tahun dari 2017 hingga 2019 bertajuk MXGP Indonesia.

Kesepakatan ini disaksikan langsung Menpora Imam Nahrowi di Kemenpora (23/3/2016). “Saya turut bangga dengan kesepakatan ini, ajang balap dunia (motoocross)  berkenan mempercayai Indonesia untuk menjadi tuan rumah,” tegas menpora di Jakarta (23/3/2016).

Sementara itu Walikota Pangkal Pinang Muhammad Irwansyah tengah menyiapkan infrastruktur untuk MXGP Indonesia. Salah satu yang terpenting penyiapan lahan sekitar 30 hektar untuk lokasi sirkuit. Rencananya tempat yang akan dibuat sirkuit berdekatan dengan bandara. Tidak hanya itu hotel dan restoran berstandar internasional juga disiapkan.

“Sejauh ini kemungkinan terbesar akan dihelat di Pantai Pasir Padi dan bekas penambangan, Pantai Pasir Padi adalah salah satu kawasan wisata andalan Pangkal Pinang. Jadi, konsepnya adalah sport tourism. Penonton bisa menyaksikan motocross dunia dengan panorama pantai,” tambahnya.

“Sebenarnya tujuan gelaran ini tidak hanya menggelorakan olahraga balap di Tanah Air, namun bisa dimanfaatkan untuk promosi pariwisata. Liputan televisi dan media internasional bakal membuat terkenal pulau Bangka Belitung hususnya Pangkal Pinang.”

Sementara itu Luigi Zompetti menyampaikan akan ada total 19 balapan dengan lebih dari 30 pebalap dari lebih 23 negara dengan dua kelas yakni MX2 dan MXGP. “Sebelumnya Pemkot Pangkal Pinang datang ke kami dengan membawa aplikasi untuk kejuaraan MXGP ini, menurut kami venue di sana sangat baik dekat dengan bandara dan relatif strategis kami sangat senang untuk bekerjasama, kontrak kami tiga tahun apabila di tengah jalan mereka akan mengalihkan venue ke tempat lain itu bisa asalkan sesuai standart,”

MXGP merupakan kejuaraan dunia motorkros yang digelar oleh FIM dengan promotor Youthstream. Untuk musim balap tahun ini berlangsung 20 seri, dua seri diantaranya berlangsung di Asia (Qatar dan Thailand).

MXGP Indonesia 2017 hingga 2019 kemungkinan akan mengambil slot seri Thailand. Kabarnya kontrak  gelaran di Negeri Gajah Putih itu tidak akan diperpanjang lagi. (Wl/nm)

MXGPThailand2016

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*