Yamaha dan Samsung Kembangkan Windshield Berfitur Smartphone

0
43
Yamaha-&-Samsung-Windshield-Smartphone-4
Yamaha & Samsung Windshield Smartphone. Foto: Yamaha

Roma (naikmotor) – Perwakilan Samsung di Italia dan Yamaha Eropa telah menjalin kerjasama untuk mengembangkan konsep Smart Windshield. Sebagai tahap pengembangan akan dilakukan pada Yamaha Tricity.

Konsep yang memungkinkan windshield pada sepeda motor menampilkan segala informasi yang diterima selular pintar pengendara, seperti SMS, panggilan telepon, dan email. Bahkan, bisa saja dikembangkan untuk menampilkan peta dan GPS. Pada pengembangan lebih lanjut Smart Windshield bisa saja untuk menampilkan data kecepatan, jarak tempuh dan informasi yang berkaitan dengan mekanikal berkendara.

Yamaha-&-Samsung-Windshield-Smartphone-3

Yamaha Eropa sendiri menyerahkan Tricity tilting three-wheeler 125 cc yang popular di kalangan anak muda Eropa, sebagai model untuk pengembangan konsep Samsung Smartphone Windshield.

Penggunaan telepon seluler sambil berkendara adalah pelanggaran lalu lintas dibeberapa negara, sebab beresiko hilangnya konsentrasi pengendara kepada lalu lintas, yang dapat menyebabkan kecelakaan. Di Italia, kecelakaan fatal akibat itu, meliputi 25% dan kebanyakan anak muda. Maka konsep diharapkan mampu menekan akibat penggunaan selular sambil berkendara.

Yamaha-&-Samsung-Windshield-Smartphone-2

Konsep Smart Windshield memanfaatkan layar transparan antara windshield dan bagian atas panel meter Tricity. Dan terhubung secara nirkabel dengan selular pintar dengan bantuan aplikasi, layar akan menampilkan informasi yang datang. Cara kerja menampilkan informasi mirip dengan head Up display.

Samsung menyatakan konsep adalah bagian dari Global Launching People communication project. Kedua pihak menyatakan, “Konsep masih dalam pengembangan dan belum ada rencana untuk komersialisasi.” (Afid/nm)

Yamaha-&-Samsung-Windshield-Smartphone-1

LEAVE A REPLY

*