Juara Moto3 Argentina, Khairul Idham Pawi Mencetak Sejarah Bagi Malaysia

0
161
Pawi-Honda_team_Asia_Wins-Moto3_Argentina
Pembalap Malaysia, Khairul Idham Pawi mencetak sejarah dengan menjuarai Moto3 Argentina 2016. Foto: Dorna MotoGP

Santiago del Estero (naikmotor) – Setelah sekian lama Malaysia melakukan pembibitan pembalap untuk ajang balap MotoGP, akhirnya ada yang benar-benar bisa membawa kemenangan bagi negara tersebut. Khairul Idham Pawi yang melakukan sesi kualifikasi cukup bagus di urutan keempat (meski akhirnya terkena penalti ke posisi ketujuh), keluar sebagai pemenang di Moto3 Argentina, (3/4/2016).

Khairul Idham Pawi sejak awal sesi latihan bebas, selalu tampil atraktif, baik di kondisi trek kering maupun kondisi lembab. Namun performa mengagumkan justru saat Ia di sesi balapan pada kondisi trek basah. Pembalap berusia 17 tahun yang tahun lalu turun di FIM CEV Moto3 Junior World Championship  langsung melesat tajam dari posisi start keempat ke posisi pertama Moto3 Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo.

Performa pembalap asuhan Tadayuki Okada dari Honda Team Asia langsung menggila di 10 lap pertama. Mengingat dari sisi selisih waktu, pembalap rookie ini sudah memimpin sejauh 20 lap. Meski sempat tereduksi di pertengahan balapan, namun Ia kembali tampil memperbaiki catatan waktunya dan unggul dengan selisih waktu 26 detik saat memasuki garis finis.

” Pertama saya mengucapkan syukur Alhamdulillah, menyenangkan rasanya bisa memenangi balapan dan terima kasih untuk tim yang telah membuat setting motor yang baik untuk saya. Saya mencoba push dari awal dan konsisten di balapan,” ujar pembalap yang mantan juara Honda Asia Dream Cup 2014. Sementara rekan satu tim Pawi, Hiroko Ono dari Jepang berhasil mencapai posisi keenam.

Torehan yang diraih pembalap berjuluk ‘Super KIP’ ini menjadikannya sebagai pelumba Malaysia pertama yang memenangi balapan dunia Moto3. Idham Pawi yang juga juara balap motor bebek Wira Malaysian Cub Prix 2014, menjalani debut di balapan Moto3 dunia pada seri Aragon tahun lalu di posisi ke-25.

Pertarungan sengit justru terjadi pada perebutan posisi finis kedua. Adam Noroddin yang juga berasal dari Malaysia bertarung ketat dengan Jorge Navarro yang tampil lebih percaya diri di trek lurus. Namun di zona tikungan, Noroddin selalu bisa mengejar.

Saat bertarung ketat di lap terakhir, terjadi aksi susul menyusul. Namun Adam yang terlalu agresif harus kehilangan posisi finis terbaiknya, karena terjatuh di chicane sebelum garis finis. Alhasil Ia harus terlempar dari posisi 10 besar. Sementara Brad Binder yang menguntit di urutan keempat, kecipratan podium ketiga.  (Spy/NM)

Hasil balap Moto3 Argentina:
1. Khairul Idham Pawi MAL Honda Team Asia (Honda)    41m 35.452s
2. Jorge Navarro SPA Estrella Galicia 0,0 (Honda)    42m 1.622s
3. Brad Binder RSA Red Bull KTM Ajo (KTM)    42m 5.512s
4. Andrea Locatelli ITA Leopard Racing (KTM)    42m 5.791s
5. Joan Mir SPA Leopard Racing (KTM)    42m 5.958s
6. Hiroki Ono JPN Honda Team Asia (Honda)    42m 6.188s
7. John Mcphee GBR Peugeot MC Saxoprint (Peugeot)    42m 7.945s
8. Jorge Martin SPA ASPAR Mahindra Team Moto3 (Mahindra)    42m 16.048s
9. Jakub Kornfeil CZE Drive M7 SIC Racing Team (Honda)    42m 21.119s
10. Niccolò Antonelli ITA Ongetta-Rivacold (Honda)    42m 21.345

LEAVE A REPLY

*