Kawasaki Ninja ZX-10R Bukukan 680 Putaran Juarai LeMans 24 Hours

0
31
Kawasaki_wins_Lemans_24_hours_Endurance
Tim Kawasaki SRC menjuarai ajang balap ketahanan LeMans 24 Hours 2016. Foto: MCN

LeMans (naikmotor) – Tim Kawasaki SRC mendominasi balapan ketahanan 24 jam LeMans (24 Heures Motos) yang berlangsung akhir pekan kemarin (9-10/4/2016) di Perancis. Gregory Leblanc, Matthieu Lagrive dan Fabien Foret menguasai balapan sepenuhnya, dengan 9 putaran lebih jauh di depan April Moto Motors Events dan F.C.C. TSR Honda.

Selain membukukan sebanyak 680 putaran, Tim Kawasaki benar-benar menyapu semua gelar. Tim di bawah manajer Gilles Stafler yang mengandalkan ZX-10R mendapat 40 poin ditambah bonus 20 poin setelah memimpin juga dalam 8-hours dan 16-hours, dalam balapan yang bernama resmi FIM World Endurance Championship itu.

Padahal saat sesi uji trek cukup berat karena hujan, dan juga awal race Gregory Leblanc sempat terjatuh tetapi bisa melanjutkan lomba. Namun, rupanya hanya itu hambatan bagi Kawasaki SRC. Bahkan dalam dua jam pertama Gregory Leblanc memecah rekor putaran tercepat sebanyak 12 kali.

Melewati malam, meski diselimuti hawa dingin membekukan, Kawasaki SRC tetap yang tercepat, dan konstan menjauhi lawan. Sehingga menjelang akhir balapan Gregory Leblanc, Matthieu Lagrive dan Fabien Foret berada jauh di depan, dengan overlap 9 putaran terhadap tim lawan. “Berkat ban Pirelli yang kami gunakan bekerja dengan baik di cuaca dingin,” ungkap Gilles Stafler.

Kemenangan kali ini menjadi gelar kelima kalinya bagi Gregory Leblanc di 24 Heures Motos menyamai rekor Alex Viera. Dan bagi Kawasaki ini menjadi rekor kemenangannya di LeMans sebab Tim Kawasaki lainnya pun masuk di 10 besar, yakni AM Moto Racing Compétition di posisi ke-7, dan Racing Team Sarazin di posisi ke-9. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*