AHM Gelar Konvensi Inovasi Lingkungan Hidup‎ antar SMA

0
AHM_Konvensi_Lingkungan_Sahabat_Hati_antar_SMA
Deputy Head of Corporate Communcation AHM mendengarkan penjelasan salah satu peserta. Foto: AHM

Cikarang (naikmotor) – Dalam rangka memperingati Pekan Bumi, PT Astra Honda Motor (AHM) mengadakan “Konvensi Inovasi Sahabat Satu Hati” dengan tema lingkungan hidup yang diikuti oleh siswa SMA binaan AHM.

Kompetisi ini merupakan salah satu upaya perusahaan dalam menumbuhkan semangat berkreasi dan peduli lingkungan di kalangan remaja.Sebanyak 12 karya ilmiah terbaik diikutsertakan dalam puncak acara kompetisi yang diikuti oleh 70 siswa Sekolah Satu Hati yang berlangsung di AHM Plant Cikarang ini pada Senin, (25/4). Adapun karya ilmiah 12 siswa terbaik Sekolah Satu Hati adalah Tong Sampah Meja Ulangan, Pemanfaatan Kulit Limbah Kerang dan Urine sebagai Stimulator Pupuk Za dan Netralisator Asam Tanah, Bricket Bola Api, Nugget Ikan Sembilang Meredakan Rasa Nyeri Haid, Pemanfaatan Kulit Jeruk sebagai Pasta Gigi, Pemanfaatan Kulit Jeruk sebagai Baterai, Proses Pengolahan Sampah Organik Menghasilkan Tinta, Penggunaan Tempat Sampah sebagai Media Berpendapat.

Selain itu, karya ilmiah lainnya mengambil tema Mengubah Persepsi Siswa atas Tempat Sampah Kotor dan Bertumpuk melalui Tempat Sampah Anti Kotor sebagai Langkah Pengelolaan Sampah Mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020, Modifikasi Taplak Gunung sebagai Media Pendekatan atas Pengenalan Lingkungan bagi Anak Usia Dini, Prototipe Sistem Daur Ulang Air dengan Filtrasi Air Sederhana dan Justifikasi untuk Ketahanan Air Bangsa, serta tema The Plastic Waste into Fuel.

Karya tulis para siswa diuji kembali oleh dewan juri dengan memperhatikan kriteria seperti gagasan yg inspiratif, sistematika dan analisa penulisan dan manfaat karya tulis terhadap ekonomi, ekologi, dan sosial. Siswa terbaik dalam lomba karya tulis ini berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp 1,5juta serta medali juara I. AHM juga mengapresiasi siswa terbaik kedua dengan hadiah uang tunai Rp 1,25juta serta medali juara II. Sementara siswa terbaik ketiga berhak mendapatkan uang tunai Rp 1juta serta medali juara III.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan generasi muda merupakan tulang punggung dan harapan bagi masa depan bumi dan masalah pelestarian lingkungan. Karena itu, kreatifitas dan kepedulian di bidang lingkungan perlu dikembangkan sejak awal.

Adapun 8 Sekolah Satu Hati yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah SMA Negeri 18 Jakarta, SMA Negeri 40 Jakarta, SMA Negeri 41 Jakarta, SMA Negeri 72 Jakarta, SMA Negeri 75 Jakarta, SMA Negeri 80 Jakarta, SMA Negeri 115 Jakarta, dan SMP Hang Tuah 3 Jakarta yang juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai peserta eksibisi. (Rls/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here