Bila Vinales ke Yamaha, Suzuki Harus Ambil Iannone

0
80
Andrea_Iannone
Andrea Iannone adalah salah satu pembalap yang direkomendasikan Kevin Schwantz bila Vinales pergi ke Yamaha. Foto: Ducati

Jakarta (naikmotor) – Menanggapi geliat transferdi MotoGP yang semakin kompleks, Kevin Schwantz menyarankan Suzuki untuk merekrut Andrea Iannone dari Ducati. Gaya balap Iannone yang agresif menjadi salah satu alasan.

Saat ini belum ada kejelasan tentang siapa pendamping Lorenzo di Ducati musim depan. Iannone dan Andrea Dovizioso belum mendaratkan tanda tangan di atas kertas kontrak.

Dua pembalap berdarah Italia tersebut juga menjadi incaran Suzuki, untuk mengantisipasi kepindahan Maverick Vinales ke Yamaha. Schwantz memprioritaskan Iannone untuk bergabung ke dalam tim yang mengantarkan dirinya juara dunia Grand Prix tahun 1993.

“Saya pikir Iannone berada di masa-masa terbaik (dalam karir) ke depan. Saya lebih memilih seseorang yang membalap dengan sikap dan hati, dan tugas saya mengarahkannya serta memberikan mekanik yang  tenang dan mumpuni,” ujar Schwantz.

Schwantz juga menyarankan Suzuki untuk memperpanjang kontrak Aleix Espargaro selama tiga tahun, jika Vinales diboyong Yamaha.

“Jika Vinales pergi, Aleix menjadi sangat berarti. Aleix pembalap yang bagus dan dapat memberikan perkembangan untuk tim di waktu mendatang. Ia juga dapat menjadi panutan untuk pembalap muda yang menjadi partnernya,” nilai Schwantz.

Soal Dovizioso, pria berusia 51 tahun itu menyebut mantan pembalap Honda itu memiliki pengalaman dan konsistensi yang bagus, namun tidak memiliki agresivitas seperti Iannone. Begitu pun dengan penilaiannya pada Dani Pedrosa, baginya jika Suzuki mendatangkan pembalap berpostur mungil itu, merupakan sebuah kesalahan.

“Saya suka dengan Dani yang bisa menyesuaikan diri dengan siapa saja. Tetapi, dia sudah berusia 30 tahun, yang merupakan usia yang harusnya menghasilkan sesuatu yang sempurna,” kata Schwantz.

Setelah memberikan pandangannya tentang pembalap-pembalap yang berotensi pindah ke Suzuki, Schwantz tetap menekankan untuk mempertahankan Vinales, yang bisa menjadi partner yang sempurna untuk tim.

“Suzuki baru dua tahun kembali ke MotoGP, setelah empat tahun tidak berpartisipasi, Vinales juga baru dua musim ada di MotoGP. Untuk masanya saat ini, saya akan membayar Vinales dengan angka yang pantas. Suzuki mengembangkan motor yang sudah cocok dengannya,” tutup Schwantz. (Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY

*