Kontrol Traksi Menjadi Fitur Baru Motocross Husqvarna 2017

2
2017-Husqvarna-Motocross-traction-control-01_resize_20160512_215808
Kontrol traksi menjadi fitur baru untuk model motocross Husqvarna 2017. Foto: Asphalt & Rubber

Jakarta (naikmotor) – Model dirtbike Husqvarna 2017 akan mendapatkan fitur baru berupa kontrol traksi pada semua model bermesin empat langkahnya. Kontrol traksi pada sepeda motor bukanlah hal baru saat ini, tetapi Husqvarna membuat terobosan dengan menerapkannya pada dirtbike.

Kontrol traksi pada sepeda motor onroad telah membuat produk lebih berdaya. Penerapan pada offroad perlahan akan umum, ketika diawali secara khusus oleh Kawasaki KX450F 2015, tetapi kini telah menjadi massal.

Penambahan kontrol traksi pada motocross bukanlah hal mudah, sebab gaya berkendara offrroad akan lebih banyak melakukan reaksi roda belakang seperti pengereman pada roda belakang agar tetap bisa menjejak atau sebaliknya slip pada trek tanah agar mendapat waktu terbaik.

Tantangannya adalah agar sistem kontrol traksi tetap memungkinkan teknik tadi bisa dilakukan, dengan meminimalisir waktu roda spin atau mencegah bodi melintir saat gas dibuka.

Jadi ada hal penting, bagaimana sistem Husqvarna itu bekerja pada mesin empat langkah motocross mereka.

Dalam rilisnya, Husqvarna menyebutkan engine management system (EMS) Keihin  akan mengawasi masukan dari bukaan gas dan putaran mesin untuk mendeteksi wheel spin, yang akan bereaksi dengan mengurangi percikan busi agar tenaga mesin berkurang. Sehingga cengkraman ban menjadi lebih baik.

Sepertinya sistem kontrol traksi ini dikembangkan dari aplikasi yang diterapkan pada sepeda motor balap, seperti yang kita lihat untuk penggunaan di jalan mulus, meski dengan cara yang berbeda. (Afid/nm)

2017-Husqvarna-Motocross-traction-control-02_resize_20160512_215808

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here