Tips 4 Langkah Mudah Hemat BBM

0

Tips-Hemat-BBM2

Jakarta (naikmotor) Sebenarnya mengurangi konsumsi bahan bakar tak harus dengan langkah rumit, Ada 4 langkah yang bisa dilakukan, meski langkah di bawah ini termasuk langkah dalam perawatan rutin.

1.Bersihkan karburator atau Fuel Injector

Perangkat yang bertugas menyuntikkan kabut bahan bakar ke silinder mesin. Selama fuel-injector bersih berarti pencapaian campuran bahan bakar dan udara yang tepat bisa dicapai dan pembakaran pun lebih sempurna. Dan tenaga mesin optimal pun lebih mudah dicapai tanpa harus memutar gas lebih dalam. Jarak tempuh pun lebih jauh per liter-nya.

Tetapi deposit bahan bakar saat mesin mesin dimatikan akan membentuk arang di nozzle. Memang untuk membersihkan karburator atau nozzle injector, perlu keterampilan atau biaya jika diserahkan kepada bengkel. Untuk itu, gunakan saja fuel-injector cleaner, yang dituangkan ke tangki bahan bakar dengan takaran sesuai petunjuk.

2.Bersihkan filter udara

Mesin memerlukan udara bersih. Tugas filter udara menjamin debu, serangga dan kotoran tak masuk ke dalam mesin. Udara yang bersih dan banyak akan membantu pembakaran yang sempurna. Tetapi deposit kotoran tadi lama kelamaan akan menumpuk dan menghambat udara masuk dengan lancar.

Untuk itu bersihkan fiter udara secara berkala, jika menggunakan fiter udara yang bisa dbersihkan. Atau ganti untuk filter udara yang menggunakan bahan kertas.

3.Kurangi beban motor

Lepaskan aksesori-aksesori tambahan yang hanya membebani motor, fairing atau lampu tambahan, lampu rotator, klakson yang memekakkan telinga dan sebagainya. Termasuk ban yang berukuran lebih besar dari rekomendasi pabrik.

4.Periksa tekanan angin ban

Sesuaikan dengan rekomendasi pabrik. Ban yang kempes akan memaksa mesin bekerja lebih keras, yang berarti pemborosan bahan bakar. (af/NM)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here