Motor Listrik Zero FX Finish di Balapan Enduropale 2015

0
145

Zero-Enduropale

Calais (naikmotor)– Enduropale, salah satu balapan enduro terganas di dunia diikuti oleh motor listrik Zero FX yang berhasil menyelesaikan balapannya di antara 1068 peserta yang dilepas bersamaan.

Enduropale le Touquest adalah salah satu balapan terganas di bumi ini.Konsepnya adalah balap ketahanan enduro di pasir pantai Perancis yang diikuti 1068 starter yang dilepas bersamaan selama tiga jam non-stop.

Gelaran tahun ini dilaksanakan awal Februari lalu yang ikut ditonton sekitar 300 ribuan pengunjung.

Event yang telah berusia 40 tahun ini memang menjadi arena olahraga balap yang menyedot perhatian karena dibuat terbuka untuk siapa dengan jenis motor off-road.

Dilepas bersamaan di pinggir pantai dengan ribuan starter yang lain mengitari sekira 20 km trek pasir bervariasi berbagai handicap layaknya trek off-road, menjadikan Enduropale sebagai balapan off-road enduro spektakuer.

Di antara motor-motor peserta, terselip Zero FX, motor listrik bergaya off-road yang digeber oleh Marc Chocois. Marc menghadapi tantangan besar,yakni menjadi pembalap pertama yang menyelesaikan Enduropale dengan motor listrik.

Tentulah Zero FX yang dia pilih merupakan motor standar versi umum biasa, hanya beberapa perangkat seperti lampu dilepaskan.

“Ada beberapa hal yang berbeda dibandingkan dengan sepeda motor konvensional di antaranya pusat gravitasi yang cukup tinggi, tidak ada kopling, tidak ada gigi tetapi akhirnya Anda terbiasa,” ujar Marc yang didukung tim akademik dan pemerintah lokal di sana.

Zero-Enduropale5

Motor yang memiliki output 44 hp dengan torsi 95 Nm telah dirancang khusus untuk memenuhi regulasi serta menyesuaikan trek, di mana Marc melakukan ubahan dengan mengganti chain-kit, lalu memasang dua pack baterai serta tire mounting untuk disesuaikan dengan trek pasir serta system ventilasi pendinginan mesin.

Dengan persiapan dua bulan mengikuti lomba tersebut, Marc berhasil finish di urutan ke 551 dari 1068 peserta. Ini tentu pencapaian yang luar biasa bagi sebuah motor listrik, di mana ada yang pernah melakukannya tapi gagal finish. Dia mencatatkan dirinya, sebagai pembalap motor listrik pertama yang finish di Enduropale.(Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*