Tikungan Sirkuit Catalunya Paling Sulit di Dunia, Ini Data dari Brembo

0
brembo-gran-premio-di-catalunya-motogp
Kecepatan awal menjelang tikungan R1 sirkuit di Catalunya mencapai 340 km/jam berdasarkan data dari Brembo. Foto: Brembo

Catalunya (naikmotor) – Sirkuit Montmelo, Barcelona, memiliki trek yang sangat teknis karena dilengkapi tikungan-tikungan yang membutuhkan pengereman sangat keras untuk menaklukannya.

Sirkuit memiliki panjang 4.727 m, dengan 8 belokan ke kanan dan 5 belokan ke kiri. Di antara 13 tikungan itu, 10 tikungan dianggap sulit, dan sebanyak 5 tikungan di antaranya akan memaksa pembalap menurunkan kecepatan hingga di bawah 100 km/jam.  Pada 10 tikungan berat itu diperkirakan pembalap akan menghabiskan waktu total 13 menit dari keseluruhan waktu balapan.

Dengan trek lurus keseluruhan sepanjang 1.047 m. Maka diperkirakan pada MotoGP Catalunya 2016 mendatang akan ada pembalap yang mampu mencapai kecepatan 350 km/jam. Dan artinya saat pengereman atau deselerasi akan terjadi gaya sekitar 1,14 g atau pembalap akan menahan gaya tarik bumi sebesar 2,14 kali.

Dari 10 tikungan sulit di Catalunya, 7 dianggap berat, dan 2 dianggap cukup berat, dan satu dianggap paling sulit. Dan itu adalah tikungan Lafrenata Elf atau tikungan pertama alias R1.

Bahkan, tikungan pertama tersebut dianggap sebagai tikungan paling sulit di dunia dalam konteks balap MotoGP. Sebab sebelum mencapai R1, pembalap akan dikenakan dengan trek panjang lebih dari 1 km. Sehingga ketika mendekatinya, rata-rata pembalap MotoGP akan berada dalam kecepatan 340 km/jam, sementara mereka hanya memiliki waktu sekitar 5,1 detik dalam pengereman itu dengan tekanan tuas rem mencapai 7,7kg.

Tekanan sistem mencapai 13,3 bar agar sepeda motor mencapai kecepatan 91 km/jam saat melibas tikungan. Tikungan berikutnya yang kalah berat adalah Caixa, atau R10, sebab memerlukan deselerasi sekitar 200 km/jam dalam 4,8 detik dalam jarak 223 m. Sementara tikungan paling tipis waktunya adalah R3, pembalap hanya disediakan waktu 1,4 detik untuk menurunkan kecepatan dari 163 km/jam menjadi 137 km/jam. (Afid/nm)

Data Teknis Pengereman di R1 Montmelo Barcelona:
Kecepatan awal 340 km/jam
Kecepatan di tikungan 91 km/jam
Jarak pengereman 279 m
Waktu pengereman 5,1 detik
Gaya g maksimum yang bekerja 1,5 g
Tekanan pada tuas rem maksimum 7,7 kg

brembo-gran-premio-di-catalunya-motogp_1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here