Nakagami Raih Pole Position Kualifikasi Moto2 Jerman

0
kualifikasi Moto2 Jerman
kualifikasi Moto2 Jerman
Takaaki Nakagami meraih pole position untuk pertama asejak 2013 di kualifikasi Moto2 Jerman. Foto: Dorna MotoGP

Sachsenring (naikmotor) – Kemenangan perdana Takaaki Nakagami di Moto2 Assen Belanda tiga pekan sebelumnya, menjadi penyemangat terbesar pembalap asal Jepang itu untuk tampil meraih hasil terbaik di sesi kualifikasi Moto2 Jerman,  Sabtu (16/7/2016). Pembalap dengan nomor motor 30 itu, melesat dengan cukup baik mengalami masalah apapun selama sesi kualifikasi berlangsung.

Tentunya ini menjadi momentum terbaik baginya, mengingat dengan tim yang cenderung dianggap tak kompetitif, Ia malah mampu membawanya ke posisi teratas. Tim yang juga dimiliki oleh orang Jepang sekaligus mantan pembalap MotoGP Tadayuki Okada itu, akhirnya mulai menjadi sanggahan bagi tim-tim papan atas asal Eropa.

“Meraih kemenangan di Assen dan akhirnya meraih pole di Jerman, sungguh menjadi pencapaian terbaik saat ini. Saya juga tidak begitu yakin, tapi feeling terhadap motor yang cukup baik di semua sektor yang ada di Sachsenring, membuatku tampil lebih pede. Sehingga saya dengan nyaman memaksimalkan potensi terbaik motor,” ujar Nakagami yang pernah membawa tim TransItal Moto2 bertarung di lini terdepan sebelum bergabung dengan Team Honda Asia.

Meski demikian, fakta bahwa Nakagami belum mampu meraih hasil bagus saat balapan berlangsung dalam kondisi trek kering, membuatnya harus bekerja lebih keras lagi saat balapan. Berbeda jika balapan berlangusng dalam kondisi trek basah, maka pemanfaatkan trik kompon ban dan insting balapan terbaiknya, bakal yang paling penting.

Kemudian di urutan kedua, Johann Zarco yang akhir tahun ini bakal menunggangi kuda besi di kelas MotoGP, pun memberikan perlawanan terbaiknya. Selisihnya dari Nakagami hanya 0,2 detik. Arttinya peluang kemenangannya di trek ini masih sangat besar. Namun jangan lupakan Alex Rins. Mengingat Ia juga bakal start di urutan ketiga.

Meski tak mampu meraih posisi pole, tapi Rins biasanya punya strategi yang matang saat balapan berlangsung. Sayangnya pembalap andalan Federal Oil Gresini Racing yaitu Sam Lowes, hanya mampu mengamankan posisi start ke-10. (Spy/NM) 

Hasil kualifikasi Moto2 Jerman:
1. Takaaki Nakagami JPN IDEMITSU Honda Team Asia (Kalex) 1m 24.274s
2. Johann Zarco FRA Ajo Motorsport (Kalex) 1m 24.514s
3. Alex Rins SPA Paginas Amarillas HP 40 (Kalex) 1m 24.641s
4. Simone Corsi ITA Speed Up Racing (Speed Up) 1m 24.680s
5. Franco Morbidelli ITA Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (Kalex) 1m 24.731s
6. Sandro Cortese GER Dynavolt Intact GP (Kalex) 1m 24.754s
7. Lorenzo Baldassarri ITA Forward Team (Kalex) 1m 24.845s
8. Alex Marquez SPA Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (Kalex) 1m 24.942s
9. Marcel Schrotter GER AGR Team (Kalex) 1m 24.964s
10. Sam Lowes GBR Federal Oil Gresini Moto2 (Kalex) 1m 24.976s

 

LEAVE A REPLY