Fokus di MotoGP, Pamor Aprilia Racing Meredup di WSBK

1
Aprilia Racing
Aprilia Racing
Aprilia Racing mulai meredup performanya di WSBK seiring fokus mereka di MotoGP. Foto: Buffer Overflow

NaikMotor – Nama Aprilia Racing di ajang balap World Superbike Championship (WSBK), cukup tenar ketika Max Biaggi mampu membawa pabrikan Italia tersebut menjadi motor juara. Nama Sylvain Guintoli dan Marco Melandri pun mampu melanjutkan performa Aprilia sebagai motor juara selepas Biaggi gantung helm.

Namun kini, Aprilia Racing lebih fokus di MotoGP dan menarik tim utama mereka untuk fokus dalam pengembangan RS-GP di balap prototipe tersebut. Sehingga di ajang balap WSBK, mereka hanya diwakili oleh tim-tim privateer seperti Ioda Racing.

Yang berbeda adalah, pembalap Aprilia Racing sudah jarang tampil di atas podium kemenangan. Meski pada beberapa seri mereka bisa tampil kompetitif, tapi dominasi mereka tak seagresif duet Guintoli-Melandri atau bahkan Biaggi. Baik Alex de Angelis ataupun Lorenzo Salvadori, belum mampu memberikan kemenangan bagi timnya.

“Tim Aprilia bukan lah tim yang sangat besar dan punya banyak sumber daya manusia. Tim yang sekarang bekerja di MotoGP adalah tim yang terakhir kali bekerja di WSBK. Bahkan mereka juga masih fokus untuk kedua proyek yang kami kerjakan. Jadi tidak benar jika kami sudah mengacuhkan ajang balap WSBK,” ungkap Romano Albesiano, Direktur Teknis Aprilia Racing.

Meski tak punya tim representatif Aprilia Racing di WSBK, tapi mereka tetap memasok motor yang punya performa tinggi untuk ajang balap tersebut. Apalagi motor ini memang masih dikembangkan dari hasil riset yang dilakukan oleh Biaggi.

“Kami belum memastikan rencana untuk tahun depan. Namun salah satu pembalap tim Ioda Racing yaitu Savadori, bakal mendapatkan tim dan motor yang sangat kompetitif,” imbuhnya.

Apakah ini berarti bahwa Aprilia sedang menimbang-nimbang untuk kembali menyisipkan tim utamanya di ajang balap tersebut? mengingat pamor Aprilia sejak menarik diri, makin menurun. Kita lihat saja nanti faktanya. (Spy/NM)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here