Fitur Komunikasi di Dashboard, Jadi Wacana Besar MotoGP

0
231
MotoGP
MotoGP
Wacana penggunaan dashboard MotoGP dilengkapi fitur komunikasi. Foto: asphalt&rubber

NaikMotor – Jika sebelumnya Valentino Rossi mulai melempar isu tentang pentingnya untuk mencoba sistem komunikasi menggunakan radio di MotoGP, ternyata pihak penyelenggara punya solusi lain. Yaitu fitur komunikasi melalui dashboard, terutama hal-hal yang penting. Ini mulai ditempuh, untuk memberikan informasi kepada pembalap, terutama hal-hal yang berkenaan dengan masalah safety pembalap.

Jika dengan memasang radio komunikasi banyak pembalap yang menolak, lain halnya dengan isu pemasangan fitur komunikasi di dashboard motor masing-masing pembalap. Paling tidak strategi balapan juga bisa lebih baik antara pembalap dengan tim yang melihat kondisi sekitarnya.

“Sebenarnya fitur ini untuk melihat sejauh apa fungsi dan peranannya bagi balap MotoGP, apakah bisa meningkatkan sistem safety di tim dan pembalap, kemudian juga memaksimalkan kinerja tim dan pembalap. Tapi tentunya hal-hal yang akan dikomunikasikan di sana, juga bakal dibatasi, jadi bukan untuk melakukan komunikasi intens seperti halnya yang terjadi di bakap F1,” papar MotoGP Technical Director, Danny Aldridge.

Ide untuk menelurkan format komunikasi antara paddock dengan pembalap dipermudah dengan cara lain, memang memaksa penyelenggara balapan harus melakukan inovasi dari sisi ini. Namun penting untuk tak mengabaikan faktor safety, Mengingat jika pembalap malah lebih sering berkomunikasi melalui sistem itu, maka keamanannya bisa terancam.

Namun mayoritas pembalap mendukung jika ada sistem komunikasi yang lebih tepat guna, terlebih untuk pesan singkat yang mudah dimengerti seperti ‘pit box’, ‘ok’ atau ‘sector 3’ itu akan sangat membantu. Mengingat tidak semua pembalap bisa melihat pit board dengan jelas pada kecepatan tinggi dalam kondisi cuaca hujan. Tapi jika pesannya panjang, rasanya akan sulit bagi pembalap untuk memahami isi pesannya dengan sempurna. (Spy/nm)

LEAVE A REPLY

*