Tim Road15 Rider Menengok Desa Terunyan dan Menginap di Lovina

0
200
Road15 Rider
Road15 Rider
Tim Road15 Rider kunjungi desa Terunyan di Bali. Foto: Road15 Rider

NaikMotor – Tim Road15 Rider telah berada di Bali pada 19-20 Agustus 2016. Tempat menginap yang dipilih adalah sekitar Danau Batur. Touring in masih dalam rangkaian Road15 Indonesian Journey Jakarta-Bima-Jakarta.

Selain menaikmati pemandangan alam yang indah dan sejuk, tujuan utama rombongan adalah bertandang ke Desa Terunyan. Perjalanan menuju desa tersebut harus di tempuh dengan menggunakan kapal melintas danau.

Desa Terunyan adalah salah satu desa tertua di Bali (disebut desa Bali Mulia) terletak di tepi danau Batur dan telah ada sejak tahun 833 caka (911 masehi) yang disahkan kembali oleh Anak Wungsu pada tahun Caka 971, legenda Patung Ratu Brutuk.

Disini tradisi memperlakukan mayat hanya dibaringkan dengan wajah terbuka dan dubalut kain putih ditutupi dengan ancak saji, sejenis anyaman bambu yang membentuk kerucut dibuat untuk memagari jenazah, mayat memang diletakkan du bawah pohon Taru Menyan. Anehnya, mayat tidak akan mengeluarkan bau busuk walaupun sudah disana berbulan-bulan.

Road15_Rider_3

Pohon Taru Menyan (taru: pohon, menyan: harum) yang juga merupakan asal kata dari Desa Tarunyan, memiliki karakter sperti pihon beringin (ficus benyamina) berbatang bulat, textur kulitnya kasar, dan memiliki akar gantung yang menjuntai. Tinggi pohon ini diperkirakan mencapai 30 meter. Pohon taru menyan memiliki bunga seperti bunga melati yang beraroma wangi.

Sesaat setelah sampai di desa Terunyan, tim langsung mengabadikan momen langka ini. Dilanjutkan menuju sebuah makam di desa terunyan ini yang beda dari biasanya. Di pemakaman ini jasad hanya di taruh dan ber alaskan kain, di tutup jg dg kain baru di kasih pagar agar terhindar dari hewan.
Setelah berkunjung di pemakaman terunyan. Tim melanjutkan perjalanan kembali.

Pukul 13:30 Wita tim meninggalkan desa Terunyan untuk kembali ke penginapan. Dilanjutkan perjalanan menuju Bedugul. Namkun sebelumnya makan siang dahulu dengan menu ikan Mujair khas danau Batur.

Ada yang menarik di tengah perjalanan melintasi Singaraja, ketika tim melintas, kepolisian setempat langsung mengambil alih rombongan. Tim dikawal dan diarahkan melewati jalanan Singaraja.

Jam 20:30 WITA tim check in di hotel di sekitaran pantai Lovina untuk istirahat. Rombongan akan melanjutkan aktivitas di hari ke-16. (Rls/nm)

 

LEAVE A REPLY

*