Ngotot Kejar Rossi, Marquez Kehilangan Podium di Silverstone

1
62
Ngotot Kejar Rossi, Marquez Kehilangan Podium di Silverstone
Marc Marquez mengaku melakukan kesalahan yang membuatnya kehilangan podium di MotoGP Silverstone. Foto: Crash Media
Ngotot Kejar Rossi, Marquez Kehilangan Podium di Silverstone
Marc Marquez mengaku melakukan kesalahan yang membuatnya kehilangan podium di MotoGP Silverstone. Foto: Crash Media

NaikMotor – Hanya bisa finis keempat di MotoGP Silverstone (4/9/2016), Marc Marquez mengaku melakukan kecerobohan, karena terlalu ngotot saat mengejar posisi runner up. Pimpinan klasemen sementara MotoGP 2016 itu juga mengalami masalah pada kondisi ban depan motornya.

Marquez terlibat pertarungan sengit di barisan depan, bersama  Valentino Rossi dan Cal Cruthclow, demi memenangkan 20 poin dari posisi dua.

Duel seru melawan The Doctor, yang mengingatkan momen MotoGP Sepang 2015 sempat terjadi, hanya saja kali ini tidak ada insiden yang merugikan keduanya. Mencoba melakukan late braking, Marquez sempat melebar dan memotong jalur di tikungan 15 Sirkuit Silverstone.

Memasuki dua lap terakhir, Baby Alien mamacu habis-habisan Honda RC213V tunggangnnya, untuk memburu Cruthclow yang mencoba mengamankan podium kedua. Alih-alih menyusul, Marquez justru kembali melebar, hingga Rossi dan Dani Pedrosa bisa mendahului.

Setelah berjuang keras melawan tandemnya di Repsol Honda, juara dunia MotoGP 2013 dan 2014 itu akhirnya melewati garis finish di urutan empat.

“Saya mencoba mengatur ritme balap dengan Valentino (Rossi), karena dia merupakan saingan terbesar dalam kejuaraan, kemudian saya mencoba menyerang. Mungkin saya terlalu ngotot, saya mengambil risiko terlalu besar. Tapi (sebenarnya) saya percaya bisa finis kedua. Karena itu saya mencoba menekan, tapi pada dua lap tersisa saya membuat kesalahan (saat mencoba menyusul) Cal (Cruthclow), akhirnya saya kehilangan posisi (depan),” cerita Marquez dikutip dari Motorsport.

Pemilihan ban depan tipe soft yang tidak sesuai dengan kondisi lintasan cukup menyulitkan pembalap berusia 21 tahun itu sejak awal balapan.

“Di awal balapan mungkin saya bisa cepat, tapi masalahnya setelah empat lap, saya mulai merasa ban depan soft adalah sebuah kesalahan. (Motor) tidak stabil, dan lemah di tikungan. Saya mencoba menikung dibantu dengan siku dan setiap saat saya mencoba menjaga kondisi ban,” keluh Marquez.

Dengan hasil di Silverstone, Marquez masih memimpin klasemen sementara dengan keunggulan 50 poin dari Rossi. (Yudistira/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*