Penggunaan Pesan di Dashboard Motor MotoGP akan Segera Diuji

1
dashboard motor MotoGP
Penggunaan pesan di dashboard motor MotoGP akan mulai diuji di akhir tahun. Foto: Crash Media

NaikMotor – Wacana tentang pentingnya sistem pesan tertulis di panel dashboard motor MotoGP hingga beberapa waktu lalu masihmenimbulkan pro dan kontra.

Wacana yang pertama kali digulirkan oleh Valentino Rossi ketika Ia gagal meraih hasil terbaik saat balapan flag-to-flag di MotoGP Jerman 2016 itu, juga ditentang oleh beberapa pembalap.

Namun regulator MotoGP kini memberikan lampu hijau untuk menguji sistem pesan melalui panel dashboard tersebut. Menurut mereka, ini adalah langkah maju untuk memberikan kemudahan kepada pembalap tentang semua informasi penting yang bisa mereka dapatkan.

Pengujiannya bakal mulai dilakukan pada sesi tes akhir musim MotoGP, sebelum akhir tahun 2016. “Kami takkan mengaplikasikannya saat musim balap 2016 masih berlangsung. Ini adalah proyek di sesi tes musim dingin. Kami ingin memastikan bahwa ini bakal membawa imbas positif di ajang balap MotoGP,” klaim Mike Webb, Direktur Balap MotoGP.

Sebenarnya sistem pesan di panel dashboard motor MotoGP bukanlah hal baru. Sistem ini sudah digunakan tim-tim balap untuk menyampaikan pesan tentang ride through penalty, black flag atau red flag pada pembalap. Tapi ini bakal dikembangkan lebih jauh, sehingga menjadi mirip seperti komunikasi 1 arah yang intens seperti komunikasi melalui radio.

Teknologi ini sudah disepakati oleh semua pihak terkait. International Roadracing Teams Association (IRTA) sudah menunggu tim-tim balap di MotoGP untuk mendata apa-apa saja pesan yang umumnya disampaikan, agar bisa diseragamkan dan dibatasi. Tujuannya, agar semua pembalap mudah memahaminya dan tak bingung jika ada perintah yang tertulis di sana.

Perintah atau pesan yang bakal disampaikan, tentunya bakal dibedakan saat sesi latihan dan saat balapan berlangsung. Lantaran di sesi latihan, waktu santai para pembalap terbilang banyak, sementara di sesi race, fokus pembalap adalah meraih hasil terbaik. Kemudian jenis pesan yang bakal disampaikan, juga bakal dibuat sesederhana mungkin dan jelas.

Webb menilai bahwa teknologi ini jika diteropong lebih jauh, memiliki arti yang cukup besar. Sehingga bisa jadi tonggak pengembangan balap motor duina ini jadi lebih baik. (Spy/NM)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here