Rossi dan Lorenzo Jatuh, Marquez Juara Dunia di MotoGP Motegi

3
marquez juara dunia
Marc Marquez mengunci gelar juara dunia MotoGP di Motegi. Foto: Repsol Honda

NaikMotor – Untuk meraih titel juara dunia di MotoGP Motegi, Jepang hari ini Minggu (16/10), bagi Marc Marquez rasanya masih mustahil. Namun ternyata pembalap asal Spanyol itu punya keberuntungan tingkat dewa.

Selain mampu tampil kompetitif sepanjang balapan, dua rival tangguhnya yaitu Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo tak mampu menyelesaikan balapan karena terjatuh. Ini merupakan pencapaian yang sangat istiimewa, karena Ia sendiri sempat tak percaya bahwa itu akan terjadi. Namun fakta di 4 lap menjelang balapan berakhir, membuatnya sangat beruntung. Ia bahkan seketika kehilangan konsentrasi saat melihat bahwa Ia sudah juara dunia jika mampu mempertahankan posisinya finish di urutan pertama.

“Saya melihat ada kesempatan untuk meraih kemenangan di MotoGP Motegi ini. Tapi saya merasa akan sulit untuk mengatakan kemungkinan meraih titel juara dunia. Saat Valentino Rossi sudah terjatuh, saya hanya ingin meraih kemenangan, karena masih ada Jorge Lorenzo. Tapi saat Lorenzo terjatuh, saya langsung kehilangan konsentrasi dan melakukan banyak kesalahan di 3 lap terakhir. Tapi kemenangan di Motegi dan titel juara dunia tahun ini jadi bukti bahwa kami sudah melakukan yang terbaik selama ini,” girang Marquez.

Usai meraih kemenangan ini, selisih poin Marc Marquez dengan pembalap di urutan kedua yaitu Rossi terpaut 77 poin. Dengan sisa tiga seri musim ini, tanpa ikut balapan pun atau tak finis sebanyak 3 seri itu pun Marquez tetap unggul 2 poin di akhir musim.

Pembalap yang finis di urutan kedua yaitu Andrea Dovizioso juga beruntung karena mengamankan podium kedua setelah Jorge Lorenzo terjatuh. Tapi Ia merasa bahwa di seri ini Ia tak bisa tampil maksimal. Karena memang kondisi trek dan setup motornya tak sesuai dengan harapan. Ia hanya berharap di seru berikutnya Ia mampu memberikan yang terbaik lagi. Selain Dovi, Maverick Vinales juga dapat imbasnya. Pembalap tim Suzuki Racing itu menutup kemungkinan rekan setimnya meraih posisi podium untuk pertama kali. Padahal Ia sempat mengalami kesulitan memanajemeni grip ban belakang. “Grip ban belakang dan zona pengereman adalah bagian tersulit di awal balapan. Tapi kami mampu melakukan yang terbaik sehingga mampu finish di posisi ketiga ini. Paling tidak ini positif bagi tim Suzuki Racing, apalagi ini laga kandang mereka,” ucap Vinales. (Spy/NM)

marquez-jurdunm2 Hasil MotoGP Motegi: 1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 42m 34.610s 2. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 42m 37.602s 3. Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 42m 38.714s 4. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 42m 39.336s 5. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 42m 49.659s 6. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 42m 54.264s 7. Alvaro Bautista ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 42m 57.642s 8. Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 43m 3.165s 9. Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 43m 3.412s 10. Stefan Bradl GER Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 43m 6.940s

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here