Sistem Pesan Dashboard Motor MotoGP Dicoba di Phillip Island

1
113
Penggunaan sistem dashboard di MotoGP akan dicoba pada MotoGP Australia. Foto: Istimewa

NaikMotor – Sistem pesan di dashboard motor MotoGP akan dicoba pada MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island (21-23/10/2016).

Perwakilan tim dan Dorna telah melakukan pertemuan beberapa hari jelang MotoGP Motegi, untuk membahas soal sistem yang akan dijalankan di MotoGP mulai tahun depan itu.

Uji coba akan dilakukan di semua sesi MotoGP Phillip Island, Australia. Percobaan tersebut juga akan dievaluasi jika beberapa pembalap tidak dapat memahami pesan yang dimuat di dashboard.

Semua pihak, termasuk tim mekanik diminta memberikan pengajuan pesan apa yang ingin di sampaikan lewat sistem tersebut. Nantinya, pesan akan ditransmisikan dari komputer tim mekanik menuju komputer race director, kemudian disampaikan kepada pembalap.

Sistem perpesanan tersebut diprediksi akan sangat penting dalam keadaan balap flag-to-flag, di mana pembalap bisa langsung mengetahui kapan harus masuk pit dan ban apa yang akan digunakan.

“Pembalap bisa tahu ban apa yang akan digunakan di motor cadangan saat keadaan flag to flag. Mereka akan menerima pesan yang kurang lebih sama dengan informasi dari pit board. Tapi mereka tidak juga diharuskan (melihat pesan dashboard). Sistem ini tidak akan mengganggu apa yang tim inginkan,” ujar Technical Director IRTA, Danny Aldridge.

Uji coba yang akan dilakukan merupakan langkah awal untuk menerapkan sistem perpesanan dashboard. Jika sistem sudah berjalan dengan baik, nantinya penonton pun bisa melihat pesan yang diberikan kepada pembalap lewat tayangan TV.

Di Aragon, salah satu safety car sudah menerapkan sistem transmisi pesan, di mana mobil tersebut menerima pesan dari menara kontrol. (Yudistira/nm)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*