Honda Tiger dengan Mesin Pesawat Juara Suryanation Motorland 2016

4
487
Juara Suryanation Motorland 2016
Tiger bermesin sangar menjadi juara Suryanation Motorland 2016. Foto: Yudistira

NaikMotor – Menyambangi kota terakhir dalam rangkaian tahun ini, kontes modifikasi Suryanation Motorland 2016 menemukan karya mengagumkan di Kota Malang yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan ‘Big Bang’ Suryanation Motorland 2016 (28-29/10/2016).

Penampilan Honda Tiger milik M. Yusuf Adib memang sulit untuk dibayangkan sebelumnya. Mesin lima silinder dijejali pada rangka custom yang dikerjakan sendiri oleh punggawa dari Psychocycle Purwokerto itu.

Yusuf mengungkapan, Ia terinspirasi dari Pesawat Tempur lawas milik TNI AU, pesawat tersebut memiliki mesin tipe radial, seperti jantung pacu yang dikreasikan olehnya.

“Inspirasi saya yang utama adalah saya terpikir untuk membuat karya yang berbeda, sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya . Mesin radial seperti ini digunakan pada Pesawat Cureng, salah satu pesawat tempur yang pernah digunakan di Indonesia. Mesin lima silinder ini merupakan tipe paling sederhana dari mesin radial,” jelas Yusuf.

Butuh waktu sekitar dua tahun untuk pria rendah hati itu untuk membangun kreasinya tersebut. Beberapa kendala sempat menghambat proses pengerjaan.

“Mesin yang pertama saya buat habis terbakar saat workshop saya mengalami kebakaran beberapa tahun lalu. butuh waktu dua tahun untuk membangun mesin dari nol,” ungkap Yusuf.

Tiger bermesin sangar tersebut sudah dicoba melintas di jalan raya, meski dalam jarak yang relative pendek. Hasilnya, motor bisa melaju cepat, meski masih terdapat beberapa kekurangan.

“Sudah dipakai jalan sejauh 50 kilometer. Waktu itu mesin terasa masih bergetar, kemudian dibongkar lagi dan dipasang stabilizer di kruk as. Mesin ini bisa mencapai 11 ribu rpm. Untuk powernya belum pernah dilakukan dyno test. Rencana sebelum berangkat ke Jepang didyno dulu,” papar pria kalem itu.

Yusuf dan motornya akan berangkat ke Yokohama Hot Rod Custom Show 2016 pada 4 Desember mendatang. Di sana, karya pria asal Purwokerto itu ditampilkan, bersanding dengan karya builder-builder dari seluruh dunia. (Yudistira/nm)

Spesifikasi Modifikasi Motor:

Sasis: Custom Board Tracker

Suspensi: Rigid dan Springer

Fork Depan: Custom

Lampu Depan: Triangle

Mesin: Built by Psychoengine Purwokerto

 

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*