Pemerintah Menilai Ekspor Sepeda Motor Masih Kecil

1
Ekspor Sepeda motor
Menteri Perindustrian Airlangga Hartato saat membuka IMoS 2016. Foto: Yudistira

NaikMotor – Menteri Perindustrian Airlangga Hartato menyoroti ekspor sepeda motor asal indonesia yang masih kecil. Hanya berkontribusi 5% dari total penjualan di Indonesia sebesar 6 juta unit.

“Saya apresiasi peningkatan pasar ekspor sepeda motor dalam  beberapa tahun terakih. Hanya saya saya berharap bisa berkontribusi 20% dari penjualan nasional,” terang Airlangga saat membuka Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2016 di JCC Senayan (2/11/2016).

Pria asal Surabaya ini juga mengharapkan industri roda-dua haris bisa mengalahkan Thailand. “Pasar Thailand jauh lebih sedikit dari kita (Indonesia) namun produksi motornya untuk ekspor jauh lebih besar,” tegasnya.

Menurut AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) performa ekspor  meningkat sebanyak 800% dengan jumlah mencapai 300.000 unit. Performa lainnya yang membanggakan bagi Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia adalah kontribusi industri sepeda motor dan manufaktur mencapai 29% terhadap Produk Domestik Bruto nasional.

“Industri sepeda motor Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan, meskipun tahun ini belum menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, namun sesungguhnya AISI masih optimis akan pulihnya pasar sepeda motor, seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia,” jelas Gunadi Sindhuwinata selaku Ketua Umum AISI. (Wl/nm)

amenteri_cbr_250

1 COMMENT

LEAVE A REPLY