Moge-moge Anyar di IMoS 2016 yang Mengundang Godaan

3
IMoS 2016
Honda Africa Twin salah satu moge yang menggoda di IMoS 2016. Foto: Afid

NaikMotor – Indonesia Motorcycle Show atau IMoS 2016 yang berlangsung di JCC, Senayan, Jakarta hingga 6 November mendatang juga diriuhi dengan motor gede (moge). Meski ada beberapa model hanya sebagai display saja, tetapi ada juga sebagai model baru yang nanti akan dipasarkan di Tanah Air.

Dalam pameran sepeda motor terakbar di Indonesia ini bukan hanya Kawasaki saja yang menampilkan big bike-nya dengan varian teranyarnya Ninja 650 , APM lainnya pun menampilkan produk berkapasitas besar, atau lebih dari model yang umum dipasarkan di sini. Seperti Suzuki dengan GSX-RR dan GSX-S1000, Honda dengan CBR1000RR dan Africa Twin, Yamaha dengan T-Max 530, BMW RnineT Scrambler.

Serta TVS dengan konsep Akula 310 yang kelak diproduksi di Karawang dengan harga di bawah Rp 50 jutaan. Di India Akula akan diberi dipasarkan dengan nama Apache 300 RTR. Tetapi meski mengundang penasaran kapan produk dipasarkan di Indonesia dan berapa harganya, kebanyakan para APM akan bungkam, atau hanya sekedar ancar-ancar saja. Walau soal harga bisa saja dicarikan pembanding dari negara dimana produk itu popular, tentu kalau masuk di Indonesia harus diperhitungkan bea masuk dan PPnBM dengan besaran hingga 200%.

suzuki_gsx1000_1Suzuki menampilkan model MotoGP, GSX-RR yang digunakan tim Suzuki Ecstar untuk musim MotoGP 2016, dan hanya model produksi naked bike GSX-S1000. Menurut pihak internal, sebenarnya semua model big bike Suzuki yang ditawarkan sebelumnya sudah sold out.

Sementara GSX-S1000 yang ditampilkan hanya sekadar display saja, paling tidak untuk melihat reaksi konsumen. GSX-S1000 bermesin 4 silinder DOHC, 998,6 cc, yang menghasilkan 143 daya kuda, dan torsi 106 Nm, model dilengkapi transmisi 6 percepatan dengan kopling yang digerakkan secara hidrolik. Di Amerika Serikat GSX-S1000 dipasarkan dengan harga sekitar Rp 130jutaan.

Menengok booth PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menampilkan ultimate scooter T-Max 530, menemani X-Max 300 yang akan mulai dipasarkan 2017 nanti. Namun T-Max 530 bermesin 2 silinder 530 cc DOHC, belum akan dipasarkan sebab, “Kita masih melihat reaksi konsumen dulu,” ungkap Mohammad Masykur, assistant general manager marketing PT YIMM. T-Max 530 cukup populer di Eropa sebab sebagai maxi scooter karena harga lebih kompetitif dibanding produk skuter Eropa. Di Inggris , T-Max ABS dengan fitur handsfree smartkey dipasarkan dengan harga sekitar Rp 180 jutaan.

yamaha_tmaxLain lagi dengan PT Honda Astra Motor (AHM) yang menampilkan berbagai model yang selama ini dikenal sebagai Honda Big Wing, tetapi dalam IMoS, AHM menampilkan dua model baru, CBR1000RR Fireblade SP yang belum lama ditampilkan di Intermot, Koln, Oktober lalu. Ahmad Muhibuddin, departement head corporate communucation PT AHM menyebutkan, “Fireblade SP baru akan dipasarkan di Indonesia pada semester 2 2017.” Dan model adventure reinkarnasi CRF1000L Africa Twin Honda CRF1000L Africa Twin yang akan ditawarkan mulai semester pertama tahun 2017. Tetapi soal harga keduanya, AHM masih belum mempublikasikan. (Afid/nm)

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY