1000 Kecelakaan di MotoGP, Moto2, Moto3 2016, Rekor!

0
Kecelakaan di MotoGP
Jorge Lorenzo kecelakaan di salah satu seri MotoGP. Foto: MotoGP

NaikMotor – Jumlah kecelakaan di MotoGP, Moto2, dan Moto3 jika ditotal sudah lebih dari 1.000 kali pada musim balap 2016. Ini merupakan rekor karena tidak pernah terjadi sepanjang sejarah balap motor dunia.

Musim balap tahun ini belum berakhir karena masih menyisakan satu seri, namun jumlah kecelakaan sudah mencapai 1.011 kali. Jumlah ini meningkat 35 kecelakaan dari musim lalu yang berada di angka 976 kecelakaan, seperti diberitakan Bike Sport News.

Di kelas MotoGP, para pembalap Honda menghuni empat besar di daftar paling banyak kecelakaan. Total kecelakaan yang pernah dialami Cal Crutchlow dan Jack Miller sama-sama 24 kali. Namun, Miller tetap lebih unggul karena dirinya memiliki jumlah balapan yang lebih sedikit akibat cedera.

Tito Rabat dan Marc Marquez tercatat 16 kali terlempar dari motor masing-masing, sementara Alvaro Bautista dan Eugene Laverty sudah 15 kali mengalami kecelakaan. Dua pembalap yang paling sedikit mengalami kecelakaan adalah Valentino Rossi dan Maverick Vinales, yakni sebanyak empat kali.

Moto3 menjadi ajang yang paling banyak dihiasi kecelakaan yakni sebanyak 388 kali, sedangkan Moto2 sebanyak 348 kali. Sementara hanya terjadi 275 kecelakaan di MotoGP. Fenomena negatif ini ditengarai akibat para pembalap masih beradaptasi dengan ban Michelin dan kondisi cuaca ekstrem yang kerap terjadi saat balapan. (Wl/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here