Kisah BMC Ketika NMax Beradu Cepat dengan Sepeda Balap di Bandung

0
Kisah BMC Ketika NMax Beradu Cepat dengan Sepeda Balap di Bandung
BMC membuka booth di Parjo Bandung. Foto: Yudistira

NaikMotor – Laris manis penjualan Yamaha NMax membuat banyaknya komunitas pengguna skuter matik bongsor tersebut. Bandung Max Community (BMC) menjadi komunitas NMax yang pertama kali resmi terbentuk di Indonesia.

Saat ini BMC menaungi lebih dari 900 pengguna NMax, dan jenis skuter Maxi Yamaha lainnya. Berbagai kegiatan rutin dilakukan untuk menjaga keakraban antar anggota.

Aktivitas touring menjadi rutinitas hampir setiap akhir pekan, mengunjungi situs-situs wisata atau sekadar riding keliling kota Bandung.

“BMC terbentuk Maret 2015, satu bulan setelah NMax diluncurkan. Kami rutin kumpul dan riding bareng. Saat ini anggota BMC sekitar 900 orang, bukan hanya pakai NMax, ada juga yang pakai TMax,” ujar wakil ketua BMC, Iwan Emon.

Setahun terbentuk, BMC sudah beberapa kali menggelar touring jarak jauh, sampai lintas pulau. Bulan Agustus lalu mereka mengarungi perjalanan ke Sumbawa.

“Touring jarak jauh sudah beberapa kali kami lakukan. Rute Bandung-Pangandaran atau Bandung-Jogja saja kami sebut touring jarak pendek,” Cetus Iwan sambil tertawa.

Kami jalan ke Sumbawa dengan 14 motor, mulai dari Bandung, menyebrang ke Sumbawa lewat Flores juga. Jalanan di sana asyik, aspalnya mulus, (lalu lintas) sepi, menyenangkan pokoknya. Di sana jarang sekali menemukan mobil, termasuk susah mencari tempat makan. SPBU baru dapat itu sesudah jalan 200 kilometer. Tapi tetap indah perjalanannya,” kisah Iwan kepada NaikMotor.

Pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat beberapa waktu lalu, BMC didaulat untuk menjadi marshall cabang balap sepeda. 30 orang anggota menjalankan tugas dengan baik, tanpa ada insiden yang terjadi.

“Kami dipercaya jadi Marshall Kejurnas balap sepeda, dan kemarin saat PON juga. 30 anggota dikerahkan, dibagi tugas sebagai sweeper dan pengawal rombongan. Seru juga jadi marshall, kalau di turunan seperti dikejar-kejar oleh rombongan peserta. Mereka bisa meluncur dengan kecepatan 110 (km/jam) di turunan, kami harus lebih cepat lagi. Alhamdulillah tidak ada insiden selama tiga hari mengawal lomba,” seru mantan pembalap road race di tahun 90’an itu.

Dalam waktu dekat, BMC berencana melakukan perjalanan lintas negara, sampai ke Thailand. “Kalau sempat sebelum menggelar Max Day 2017 kami akan touring dari Bandung ke Thailand. Rutenya dari Bandung menyeberang ke Sumatera, lanjut ke Selangor (Malaysia) sampai Bangkok kemudian pulang lewat Pattaya. Max Day sendiri akan digelar di Bandung, kami undang semua komunitas dan pengguna NMax dan Max series lainnya untuk datang,” papar Iwan. (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here