Momen Spesial Marquez dan Honda Menjadi Bintang MotoGP Award

2
Momen Spesial Marquez dan Honda Menjadi Bintang MotoGP Award
Marquez. Rossi. dan Lorenzo berfoto di panggung MotoGP Award. Foto: Dorna MotoGP

NaikMotor – Rangkaian MotoGP 2016 telah berakhir, dan seperti biasa , setelah balapan di Valencia para pembalap dan tim menghadiri gelaran MotoGP Award (13/11/2016).

MotoGP Award menjadi acara ‘syukuran’ sekaligus penobatan buat para penerima penghargaan. Sudah pasti juara di kelas MotoGP, Moto2, dan Moto3 menjadi bintang pada acara tersebut.

Juara dunia MotoGP 2016, Marc Marquez kembali meletakkan namanya dalam trophy juara dunia untuk ketiga kalinya setelah berhasil melakukannya pada tahun 2013 dan 2014. Baby Alien juga menyandang rekor pembalap termuda yang memiliki lima gelar juara di semua kelas kejuaraan balap motor dunia.

Juara dua tahun berturut-turut kelas Moto2, Johann Zarco juga menerima piagam penghargaan setelah sukses meredam beberapa saingan berat, seperti Alex Rins, Thomas Luthi, dan Sam Lowes sepanjang musim ini. Zarco juga menjadi pembalap Perancis pertama yang berhasil mempertahankan gelar juara dalam kejuaraan dunia balap motor.

Marquez juga menjadi kampiun BMW M Award untuk keempat kalinya secara beruntun dan berhak memboyong satu unit BMW M2 Coupe edisi spesial. Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan hasil kualifikasi terbaik di MotoGP, di mana pembalap Repsol Honda itu mendapatkan tujuh pole position musim ini.

Pembalap Afrika Selatan yang menjadi sorotan dunia, Brad Binder merengkuh trophy juara Moto3 berkat pencapaian fantastis tahun ini, yakni raihan 319 poin di akhir musim. Binder menyempurnakan musim terakhirnya di Moto3 dengan kemenangan Moto3 Valencia.

MotoGP Rookie 2016 merapat ke genggaman pembalap tim Estrella Galicia Marc VDS, Tito Rabat. Sedangkan pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow menyandang predikat sebagai pembalap tim satelit terbaik, berkat kesuksesan mengukir kemenangan pada MotoGP Brno (Ceko) dan Philip Island (Australia).

Di kelas menengah, Xavi Vierge mendapatkan penghargaan sebagai rookie terbaik, merujuk pada aksinya dalam semusim bersama tim Tech 3. Joan Mir menjadi pembalap debutan terbaik di kelas Moto3.

2016 bisa dikatakan menjadi tahunnya Honda. Bagaimana tidak, pabrikan asal Jepang itu berhasil mengirimkan empat pemenang dalam kejuaraan, yakni Marc Marquez dan Dani Pedrosa dari tim pabrikan, serta Crutchlow dan Jack Miller dari tim satelit. Honda telah mengumpulkan 22 gelar konstruktor terbaik, sejak musim debutnya dalam kejuaraan balap motor tahun 1961.

Meski tidak mendapatkan hasil gemilang musim ini, Yamaha masih bisa bergembira karena dua pembalap andalan, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo mendaatkan medali perak dan perunggu. Selain itu, tim Garpu Tala juga dinobatkan sebagai tim terbaik tahun 2016. (Yudistira/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*