Ducati akan Pakai Winglet di Tes Valencia Bersama Lorenzo

1
294
Larangan Winglet
Mulai musim balap MotoGP 2017 penggunaan winglet dilarang. Foto: Speedweek

NaikMotor – Panggung MotoGP 2016 telah usai digelar dengan berbagai catatan dan kejadian seru termasuk menghasilkan sembilan juara dalam satu musim. Bagaimana dengan peluang Lorenzo di musim 2017 dengan Ducati?

Selasa ini (15/11/2016), akan menjadi momen istimewa menjelang kompetisi tahun depan karena para pembalap baru dengan tim dan motor baru bersiap mencicipi pengalaman pertamanya.

MotoGP 2017 akan dimulai oleh Jorge Lorenzo yang akan membela pabrikan Ducati setelah sembilan tahun bersama Yamaha. Sosok Gigi Dall’Igna, general manager Ducati Corse akan menjadi sosok penting dalam karier Jorge di Ducati karena mereka pernah bekerjasama saat di GP250 dengan Aprilia.

“Saya tahu Jorge pembalap yang cerdas serta memiliki riding style yang berbeda ketimbang pembalap lain di MotoGP.  Ia akan merasakan hal yang berbeda dengan motor sebelumnya yang lama digunakan di MotoGP. Saya cukup mengenal karakternya, tapi itu waktu lalu,” sebut Gigi.

Gigi juga menambahkan, Casey Stoner akan menjadi salah satu pemegang peran penting dalam pengembangan Ducati di musim 2017. “Casey akan kami libatkan lebih jauh  bersama departemen teknik karena pengalamannya sangat dibutuhkan. Kami punya beberapa ide baru untuk musim depan, dan sosok Casey Stoner akan lebih banyak memberi masukan dan data kepada kami,” sebut Gigi.

Dan yang menjadi fokus dalam pengembangan Ducati ke depan soal stabilitas di tikungan, yang diakui Gigi menjadi kekurangan Ducati saat ini bukan lagi soal performa mesin.

Dalam tes dua hari di Valencia, Ducati akan tetap menggunakanwinglet meski secara resmi telah dilarang. “Kami punya target utama dalam modifikasi sasis, karena itu yang menjadi masalah besar dan berpengaruh ke ban seperti halnya motor-motor lainnya. Karena itu kami akan menggunakan winglet sebagai data pembanding di tes Valencia. Kami tidak ingin mengambil keputusan yang salah karena itu harus melalui konfigurasi pengujian yang benar,” tambahnya lagi.

Lepas tes Valencia, Ducati menargetkan untuk melakukan tes lanjutan di Sepang bersama tes ridernya, Casey Stoner pada akhir Januari mendatang. (Arif/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*