Mesranya Lorenzo dengan Ducati Desmosedici GP17 di Tes Valencia

2
90
di ducati
Jorge Lorenzo menggeber Ducati Desmosedici GP17 di Valencia. Foto: Crash Media

NaikMotor – Jorge Lorenzo akhirnya bisa berkenalan dengan motor baru yang akan digunakannya pada musim kompetisi MotoGP 2017, yakni Ducati Desmosedici GP17 pada tes hari kedua MotoGP Valencia, Rabu (16/11/2016).

Meskipun hanya menjadi pembalap tercepat kedelapan pada tes hari kedua, Lorenzo menampilkan perkembangan positif, terutama adaptasi yang cukup cepat dengan motor baru yang notabene butuh banyak penyesuaian.

Waktu lap terbaik yang dibuat For Puera terpaut sekitar 0,3 detik dari rekan setimnya, Andrea Dovizioso. Namun, hal itu bukanlah sesuatu yang buruk, sebab Dovi yang sudah lebih dulu menjajal motor baru Ducati pada tes hari pertama pun mengakui masih banyak pekerjaan dengan sosok Desmosedici GP17.

Mengacu pada dua hari tes resmi IRTA di Valencia, Lorenzo menunjukan bahwa dia tidak gagap dengan karakter motor Ducati yang secara statistik berbeda dari Yamaha M1, terutama soal power mesin.

Setidaknya, pemilik tiga gelar juara dunia MotoGP itu bisa sangat cepat menyesuaikan riding style-nya dengan motor Ducati, hingga bisa melakukan putaran demi putaran di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia dengan mulus, tanpa mengalami insiden.

Desmosedici GP17 dikabarkan memiliki karakter putaran bawah mesin yang lebih lembut dari motor terdahulu serta sasis baru untuk menunjang kelincahannya. Selebihnya, tidak banyak perubahan yang dilakukan pabrikan asal Italia itu. Di hari pertama, Ducati masih menerapkan winglet di motornya untuk bisa mendapatkan perbandingan akurat terutama berhubungan dengan sasis motor.

“Kami mencoba melakukan set-up yang sama dengan motor lama (Desmosedici GP16), untungnya tidak ada yang buruk. Sekarang kami bisa mengerjakan bagian lain, karena kami masih memiliki beberapa kekurangan di area tertentu. Mesinnya terasa sedikit lebih baik, karena lebih lembut pada putaran bawah, dan Itu bagus buat pembalap. Salah satu hal positif dari motor baru ini adalah lebih banyak yang bisa dikembangkan dibanding motor yang lama,” jelas Dovi dikutip dari Motorsport.

Setelah melakukan dua hari tes di Valencia, Lorenzo tidak bisa memberikan pernyataan apapun tentang pengalaman pertamanya menggeber motor Ducati, sebab ia masih terikat kontrak dengan tim Movistar Yamaha hingga akhir tahun ini. (Yudistira/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*