Superbike Norton V4 dari Kejayaan Model SG5 Isle of Man TT Meluncur

6
79
Superbike Norton V4
Norton V4, model superbike yang terinspirasi dari kejayaan model SG5 Isle of Man TT diluncurkan. Foto: MCN

NaikMotor – Sosok asli superbike Norton V4 yang terinpirasi dari model SG5 Isle of Man akhirnya ditampilkan utuh  dalam sebuah acara tertutup dan hanya diberikan kepada media MCN di Inggris (16/11/2016).

Superbike NortonV4 dirilis dalam dua versi yakni SS dan RR. Namun, Norton V4 SS yang diproduksi 200 unit sudah habis dipesan, tersisa model V4 RR yang masih menunggu world premier di UK Bike Show.

Detail superbike Norton V4 diungkapkan langsung oleh Simon Skinner, Head Designer Norton. Norton V4 tampil dengan bodywork, pelek, dan tangki serat karbon. Sedangkan rangka dan swingarm single sided-nya berbahan aluminium.

Mesin Norton V4 dibangun secara mandiri oleh Norton, mesin 1,200 cc itu berkonfigurasi V4 72 derajat. Simon beralasan, dengan 72 derajat, mesin lebih memudahkan perancangan rangka untuk tampil sebagai naked bike, daripada konfigurasi V4 90 derajat. Selain itu, rangka dipersiapkan untuk model segmen di bawahnya kelak.

Mesin mampu menghasilkan lebih dari 200 daya kuda pada 12.500 rpm, dan torsi 130 Nm pada 10.000 rpm. Dan dilengkapi 3 mode pengendaraan; Road, Sport dan Pro-Race.

Penampilan Norton V4 RR juga mahal, paling tidak dengan suspensi Ohlins NIX30 untuk garpu, Ohlins TTXGP untuk shock belakang, rem produk Brembo, dan lampu-lampu LED. Uniknya, pada panel meter terdapat layar untuk menampilkan citra dari kamera belakang.

Bukan untuk mundur pastinya, tetapi masih selaras dengan inspirasi Isle of Man TT, jika superbike kelak digunakan untuk berpacu.

Simon juga menjelaskan kalau V4 RR dilengkapi fitur elektronik lengkap seperti leaning ABS, wheelie control, launch control, traction control, autoblipping, quick shifter dan paket fitur elektronik yang terkait IMU.

Dengan sosok yang lengkap demikian Norton V4 RR memiliki berat kosong 179 kg. Varian SS yang telah habis terjual terlebih dahulu 199 kg. Dan harga V4 RR sekitar Rp 447,5 juta di Inggris (Afid/nm)

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*