Jalur Sempit Bayanihan Park Sambut Peserta FIM Asia Supermoto di FIlipina

1
FIM Asia Supermoto
Aksi Peserta FIM Asia Supermoto. Foto: Istimewa

NaikMotor – Setelah menyambangi Indonesia untuk kali pertama pada 8-9 Oktober lalu, (19-20/11/2016), kejuaraan FIM Asia Supermoto akan hadir perdana di Filipina.

Bukan hanya Stadion Kanjuruhan Malang yang mendapatkan kesempatan pertama menggelar FIM Asia Supermoto, Bayanihan Park yang berlokasi di kawasan Angeles City, Filipina, juga bersiap untuk menyuguhkan sensasi berbeda  buat para pecinta balap motor dua medan.

Pemilihan Bayanihan Park untuk menggelar salah satu seri balap Supermoto di Asia berdasarkan beberapa aspek, yang terutama pasti letaknya di tempat yang strategis, dikelilingi berbagai sarana hiburan, tempat rekreasi, dan faslitas olahraga yang memadai. Angeles City merupakan tempat bersandarnya pangkalan udara Amerika Serikat dan memiliki salah satu monumen tersohor di Filipina, ‘Salakot Arch’.

Para pembalap FIM Asia Supermoto akan disuguhkan trek perpaduan jalur aspal dan off-road yang menantang kemahiran pembalap dan setelan motor. Beberapa tikungan tajam siap menghadang para peserta saat melalui 250 meter jalur off-road nan sempit. Kemudian, persaingan berlanjut di jalur aspal, di mana peserta bisa beradu kecepatan, saling berebut posisi.

Posisi start akan sangat menentukan hasil akhir dalam perlombaan. Trek yang sempit akan mempersulit overtaking, karena itu pembalap harus berlomba mengamankan posisi di baris depan sejak kualifikasi.

“Trek di sana sangat sempit, meskipun terletak di area yang luas. Area dirt (track) memiliki rumput yang membuatnya sangat licin. Karena itu, saya mengharapkan semua peserta bersaing sejak sesi kualifikasi,” ujar pemimpin klasemen sementara kelas Asia dan internasional, Muhd Habibullah. (Yudistira/nm)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY