Builder Inggris Ini Ubah Yamaha Fazer Menjadi Motor Listrik

3
61
Builder Inggris Ini Ubah Yamaha Fazer Menjadi Motor Listrik
Yamaha Fazer bermotor listrik karya Union Motion

NaikMotor – Union Motion di dunia builder memang baru, spesialisasinya mengcustom kendaraan bermesin bakar menjadi berpenggerak motor listrik. 

Builder dari Brighton, Inggris itu memliki kemampuan unik, bukan hanya sepeda motor saja yang dicustom menjadi e-moto, bahkan drone dan pesawat terbang pun bisa. Tetapi sebelum lebih jauh kita lihat saja kiprah mereka saat mengubah Yamaha Fazer 600 1998 menjadi sepeda motor berpenggerak listrik.

Union Motion, builder elektris itu memang hanya sebuah perusahaan kecil yang baru didirikan pada 2015, tetapi mampu mengubah sepeda motor dengan mesin bakar, produk kapan pun, menjadi sepeda motor yang ramah lingkungan.

Karya pertama mereka adalah Phaser Type 1, yang berbasis Yamaha Fazer 600 1998. Hanya saja yang tersisa kini dari naked pendahulu FZ6 itu tinggal rangka, garpu depan, swingarm, dan roda saja.

yamaha_fazer_listrik_3

Naked menengah Yamaha yang terondol itu lalu hanya ditambahi secuil fairing aluminium hasil CNC, mesinnya ditanggalkan dan diganti dengan motor listrik dan rangkaian baterai lithium-ion 6 kWh.

Hasilnya, motor listrik mampu menghasilkan 48 kW atau setara 64 daya kuda dan torsi 300 Nm, sehingga kecepatan puncaknya mencapai 177 km/jam, dengan mengusung beratnya yang 160 kg.

Baterai lithium-ion itu memiliki berat 50 kg tetapi mudah dilepas pasang untuk mempercepat refill. Sayangnya, dengan charge penuh selama 2 jam, baterai hanya mampu untuk menjelajah 100 km saja, Tetapi dengan desain model L, ternyata baterai berperan membuat center of gravity Phaser1 menjadi rendah. (Afid/nm)

yamaha_fazer_listrik_2

Spesifikasi Phaser Type1

Sasis Yamaha FZS 600 Fazer

Motor tipe brushless axial flux 3-fasa, pemanent magnet, berpendinginan udara pasif

Tenaga 48 kW

Torsi 300 Nm

Kecepatan puncak 177 km/jam

Jarak tempuh 100 km

Berat kosong 160 kg

Baterai lithium-ion spek otomotif, modular, 6 kWh, 88,8 Volt

Charger offboard, minimal input 13A jala-jala rumahan,

Lama charging hingga penuh 2 jam.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*