Garapan Unik Motor Custom di Long Beach Motorcycle Show

1
198
Motorcycle Show
Honda Rebel 300 custom tampil di Long Beach Motorcycle Show 2016. Foto: Motorcycle

NaikMotor – Progressive International Motorcycle Show di Long Beach, Amerika Serikat telah berakhir 20 November 2016 lalu. Event yang mengetengahkan gaya hidup pengendara motor itu menampilkan pula sub kultur sepeda motor yakni penampilan para pemenang kontes custom bike.

Para finalis itu tampil dalam konten yang bertajuk J&P Cycles Ultimate Builder Custom Bike Show, para pesertanya pemenang kontes custom tiap negara bagian yang telah berkompetisi sebelumnya.

Tentu saja beberapa kontestan yang cukup menarik untuk ditampilkan, mungkin saja bukan yang terbaik, tetapi idenya mungkin cukup ekstrem. Seperti yang ditampilkan Yamaha TZ350 milik Brian Herzfeldt misalnya.

yamamonster

Memang di Amerika Serikat masih banyak yang mengenal Yamaha TZ350 sebagai model mini sportbike bermesin dua langkah dua silinder yang berjaya antara 1973-1981. Tetapi oleh pemiliknya mesin diganti dengan kapasitas 660 cc 4 langkah. Tenaganya kini 70 daya kuda, beratnya 140 kg, dengan rasio power to weight demikian bisa dipastikan kalau TZ kini berubah menjadi Yamamonster. Pemiliknya sendiri memang juara road race klasik ala Amerika AHRMA di kelas Sound of Single 1.

 custom-honda-cbx-

Model berikutnya tak kalah menarik meski detail ubahan minim, yakni Honda CBX. Sejatinya superbike pada jamannya 1980-an. Bermesin 1.047cc 6 silinder dan 24 katup DOHC, berkarburator serta berpendinginan udara. Tetapi tampak ubahannya pada front end, pelek, garpu, rem dan kontrol, serta tangki yang kini serat karbon. Ubahan lain yang jelas adalah penggunaan swingarm seperti pada CBR1000, shockabsorber sport, pelek dan ban Pirelli Supercorsa, pada mesin tampak filter udara produk K&N, terakhir knalpot 6 into 4 into 1. Sementara ubahan internal mesin masih misteri.

Model berikutnya tampak kekinian, sebab mengetengahkan Custom Honda Rebel 500 dan 300, dan pastinya bukan bagian dari J&P. Tetapi sebagai penarik minat bagaimana jika kelak custom Rebel secara simple. Dan benar saja komentar pengunjung pun datar saja,”Hasilnya seperti Honda Ruckus, hanya saja dalam skala lebih besar,” ujar John Burns dari Motorcycle. Seperti Ruckus, Rebel 300 custom itu hanya ditambahi trim kuning dan biru, header knalpot putih, bagian ekor dipotong, pelek jari-jari dan stang ape hanger. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*