Cerita Gadis Penunggang CBR Taklukan Rute Semarang – Jakarta Sendirian

0
919
Semarang - Jakarta
Istiqomatus Saadah, gadis penunggang CBR dari Semarang - Jakarta. Foto: Yudistira

NaikMotor – Mengarungi perjalanan jarak jauh, menembus batas provinsi, melewati banyak kota dengan sepeda motor sudah menjadi hal lumrah untuk para pria, apalagi anggota klub motor. Tapi, hal berbeda dilakukan Istiqomatus Saadah yang memilih melakukan perjalanan sendirian Semarang-Jakarta.

Pagelaran ‘A Decade of Journey’ CBR Riders Jakarta, Sabtu (26/11/2016) menjadi tujuan utama Saadah. Mengantongi izin orang tua, ia tak ragu memacu Honda CBR150 keluaran tahun 2014 miliknya.

Perjalanan ia mulai pada Kamis (24/11/2016)sore, selepas pulang kerja. Segala perlengkapan berkendara mulai dari helm, jaket, sepatu, termasuk dokumen kendaraan dan SIM  ia lengkapi.

Pukul lima sore ia berangkat. Tiga jam berkendara, ia sampai di Kendal, Jawa Tengah dan memutuskan untuk singgah di tempat penginapan.

Setelah semalaman beristirahat, Saadah melanjutkan perjalanan mulai jam tujuh pagi pada esok harinya. Sepanjang perjalanan untuk sampai di Jakarta, wanita berusia 24 tahun itu hanya mengandalkan plang petunjuk jalan dan petunjuk dari orang-orang yang ditemui dalam perjalanan.

“Ini perjalanan pertama saya riding ke Jakarta. Selama perjalanan saya hanya lihat petunjuk arah dan tanya jalan sama warga sekitar. Saya memilih jalan sendiri supaya dapat kepuasan, bisa tahu jalan dan banyak pengalaman. Beberapa kali saya nyasar karena jalannya membingungkan, tapi tanya lagi sama orang akhirnya bisa sampai di Jakarta. Di perjalnana, sempat ganti oli di Pemalang, nanti mau pulang ganti oli lagi, syukurnya tidak ada kendala selama perjalanan, hanya saja banyak razia (kepolisian), untung saya punya surat-surat lengkap, ” kisah Saadah kepada NaikMotor.

Customer Service di salah satu bank itu memang senang melakukan perjalanan tunggal. Ia tak gentar meski riskan buat seorang wanita bermotor jarak jauh, apalagi mengarungi perjalanan malam hari.

“Saya suka riding jauh sejak punya CBR150 akhir tahun lalu. Biasanya sebelum perjalanan saya tanya teman patokan-patokan di jalan, tapi saya tidak begitu senang jalan dengan orang lain, lebih suka sendiri. Sebelum ke Jakarta, saya sudah riding ke Surabaya sendirian. Kalau di jalan, saya cari tempat aman kalau mau berhenti, tanya jalan pun biasanya ke perempuan,” ujar anggota Riders All CBR Semarang (RACE) itu.

Setelah menuntaskan tantangan bermotor ke Ibukota, Saadah berencana menaklukan rute Semarang-Bali. “Rencananya mau riding sendiri lagi ke Bali, tapi belum tahu kapan. Butuh persiapan dulu, dan izin ke kantor pastinya,” tandas wanita murah senyum itu. (Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY

*