Evaluasi Pembalap YRI Usai Free Practice Hari Pertama ARRC Thailand

0
60
ARRC Thailand
Penampilan Galang Hendra Pratama di Free Practice. Foto: Yamaha

NaikMotor – Penampilan apik Galang Hendra Pratama membuatnya mampu menjadi pembalap tercepat kedua di sesi free practice hari pertama final ARRC Thailand 2016 (2/12/2016).

Galang membukukan waktu 1 menit 55,594 detik, terpaut 1,674 detik dari Apiwat Wongthananon yang menjadi pembalap tercepat. Pembalap Yamaha Racing Indonesia itu menunjukan penampilan impresif dan konsisten sepanjang free practice hari pertama.

Meski mampu tampil cepat di hari pertama, Galang memiliki beberapa evaluasi, terutama sedikit masalah yang terjadi saat melibas tikungan satu, tujuh, dan delapan. Ia juga merasa perlu pembenahan pada motornya, khususnya peningkatan performa motor di RPM bawah.

“Mesin masih perlu ditingkatkan di RPM bawah, Ada kendala slide di 3 titik tikungan (R1, R7 dan R8). Tim akan menggabungkan body-setting FP1 dan FP2 agar best-time di FP3 menjadi lebih baik,“ ungkap penghuni posisi lima klasemen sementara AP250 itu.

Sementara itu,tandem Galang, Rey Ratukore juga mencatatkan peningkatan perolehan waktu lap terbaik dari FP1 ke FP2. Rey mendapatkan waktu lap tercepat 1 menit 56,520 detik.di Sirkuit Internasional Burirram, Thailand.

Masalah chattering saat berakselerasi menjadi salah satu evaluasi pemilik sekolah balap Rey Racing Speed 222 itu. Rey dan tim berusaha untuk mengatasi keluhan tersebut agar meraih hasil lebih baik saat balapan berlangsung hari Minggu nanti.

“Kita masih dalam pemilihan sprocket-gear. Body-setting lebih baik dari sebelumnya, namun saat membuka gas ada chattering. Apakah ini pengaruh engine-brake, akan dianalisa oleh tim. Namun best-time lebih baik dari FP1,” jelas Rey.

Pembalap tim Yamaha Yamalube HHK IRC Nissin NGK Bahtera, Syahrul Amin yang tampil melalui jatah wild card masih dalam proses adaptasi dengan Yamaha R25 pacuannya. Pembalap berdarah Sulawesi itu masih belum bisa mendobrak waktu lap di bawah dua menit.

“Meskipun masih diatas 10 besar tetapi sudah ada perbaikan waktu. Masih ada catatan penting di 3 tikungan (R1, R8 dan R12), tikungan yang lain sudah lebih baik. Saya masih harus lebih cepat lagi di cornering speed agar catatan waktu lebih baik lagi, “ ujar Syahrul bersemangat.

Semua data yang didapatkan dari free practice hari pertama akan dievaluasi untuk meningkatkan catatan waktu lap. Tim mekanik akan bekerja keras untuk mengatasi masalah-masalah yang menjadi keluhanpembalap.

“Secara umum, dari hasil  FP1 dan FP2 ini, kita optimis mendapatkan hasil positif di race Minggu. Di awal FP1, Galang mendapatkan feeling yang baik diikuti Rey. Tetapi masih ada perlu perbaikan terutama menghilangkan chattering di beberapa titik tikungan. Engineer & teknisi akan mengevaluasi data FP1 & FP2, yang akan dikombinasikan untuk FP3. Untuk Syahrul Amin pada FP1 & FP2 fokus untuk mencari racing line, braking point, gear-shifting yang tepat. Jika dilihat ada peningkatan best time lebih dari 2 detik. FP3 besok, Syarul akan fokus mengejar best time yang tertinggal dari Rey dan Galang,” papar manager tim YRI, Wahyu Rusmayadi. (Yudistira/Rls/nm)

LEAVE A REPLY

*