BSA MX Rancangan Oberdan Bezzi

1
BSA MX Rancangan Oberdan Bezzi
Oberdan Bezzi mereka-reka desain BSA MX, dirtbike bergaya Scrambler jika diproduksi Mahindra. Foto: indianautosblog

NaikMotor – Oberdan Bezzi seorang disainer sepeda motor yang bekerja untuk berbagai pabrikan Italia, mencoba memberikan rancangan model Birmingham Small Arms (BSA) mendatang ketika di tangan Mahindra. Selain model reborn BSA Victor 355, kini ia mencoba mereka-reka model motocross BSA mendatang.

Oberdan Bezzi adalah pedesain sepeda motor independen, pernah bekerja untuk Ducati, Cagiva, Aprilia, Benelli dan MotoGuzzi. Ia kembali mengajukan rancangannya akan sebuah model dirtbike BSA modern.

Kali ini merancang sketsa model MX berbsasis BSA 441 Victor Special, yang memang terkenal pada masanya, 1968-1971. Bezzi mengulang pernyataannya untuk BSA MX itu, “Tentu kita juga berharap model mendatang tetap menyandang renaissance, tidak tergantung teknik. Model yang dikerjakan secara serius dan berkualitas sesuai keinginan pasar mengingat sosok merek itu dulu.”

Tahun ini Mahindra telah mengakuisisi BSA melalui anak perusahaannya, Classic Legends. Mahindra berencana akan mulai memperkenalkan produk revive BSA itu pada 2019. Dan rancangan Oberdan Bezzi itu sepertinya akan menarik perhatian Mahindra.

Rancangan Bezzi pada BSA MX sebagai persembahan akan kiprah BSA masa lalu yang penuh catatan prestasi di dunia motocross.

BSA Victor Special yang menjadi inspirasi Bezzi merancang BSA MX
BSA Victor Special yang menjadi inspirasi Bezzi merancang BSA MX

Ada penggalan sejarah yang menarik mengapa BSA Victor Special itu patut direinkarnasi. Pada 1966, proyek BSA Victor diharapkan meraih kemenangan ketiga kalinya dalam kejuaraan motocross melalui model bermesin 2 langkah. Bahkan model itu pernah dicoba menggunakan rangka titanium guna mencapainya. Namun, teknologi pengelasan saat itu belumlah sehebat masa ini, sehingga jika terjadi kerusakan maka akan sulit memperbaikinya di lapangan.

Mesin pun sepertinya sudah mencapai batasnya, sehingga harus dinaikkan kapasitasnya menjadi 500cc dan 4 langkah. Dan BSA mengklaim berhasil meraih 2 kali juara MX di Amerika Serikat saat itu.

Sayangnya kemudian jaman berubah, sepeda motor motocross yang street legal produk kompetitor jauh lebih ringan. Bahkan rasio kompresinya lebih rendah, sehingga lebih mudah dinyalakan. BSA Victor Special itu surut perlahan di pasaran.

Kembali ke rancangan Bezzi, model BSA MX masa depan itu bergaya Scrambler. Dengan ban offroad, knalpot berposisi tinggi, dan hampir menyentuh jok. Perlengkapan remnya kini menggunakan produk produk Brembo, suspensi upside down pada bagian depan, sementara pada bagian belakang dengan gas charged. Sistem rem pun sudah dilengkapi ABS. Sehingga secara keseluruhan, model tampak premium.

Sementara soal model produksi BSA mendatang, menurut media indianautosblog, akan mangambil masukan dari Mahindra Racing. Divisi balap Moto3 yang berbasis di Italia. Selain itu, Mahindra pun memiliki saham mayoritas di Peugeot Scooters yang artinya, model BSA kelak akan mengalami sentuhan Perancis. (Afid/nm)

1 COMMENT

  1. […] Oberdan Bezzi sebenarnya desainer sepeda motor independen, ia pernah bekerja untuk Ducati, Cagiva, Aprilia, Benelli dan MotoGuzzi. Sebelumnya ia pernah mengajukan rekaannya untuk BSA modern. Rekaan Oberdan memang yang paling dinanti, karena dianggap lebih jitu sketsa tebakannya, berkat pengalamannya saat turut mendesain model sepeda motor di berbagai pabrikan tadi. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here