Cyclotron, Motor Masa Depan Paduan Motobot dan Self-Balancing Bike

1
Cyclotron
Cyclotron, sepeda motor yang bisa bergerak sendiri atau autonomous, dan dilengkapi self balancing serta berpenggerak listrik, foto: morebike

NaikMotor – Charles Bombardier kembali mengajukan ide inovatifnya. Kali ini inovator Kanada itu mendesain sosok sepeda motor yang bisa bergerak sendiri atau autonomous, dan dilengkapi self balancing serta berpenggerak listrik. Konsep sepeda motor pintar masa depan itu dinamakan Cyclotron.

Kendaraan gerak sendiri atau autonomous saat ini memang tengah mengemuka. Diawali pabrikan mobil VW, dan GM yang mengandalkan perangkat lunak berbasis iOS, serta Tesla yang menawarkan mobil autonomous listriknya. Bahkan Google pernah menawarkan mobil konsep Pod yang pergerakannya tidak memerlukan sopir itu.

Rupanya trend autonomous mulai merambah sepeda motor, Yamaha pernah memperlihatkan sportbike MotoBot dengan karakter Valentino Rossi. Kali ini, inovator Kanada, Charles Bombardier mengajukan konsep Cyclotron. Sebuah konsep yang berbeda, sebab dilengkapi dengan kabin yang memuat dua penumpang. Mereka duduk berhadapan di kendaraan beroda dua yang bergerak sendiri tersebut.

Sepeda motor autonomous itu dilengkapi penggerak motor listrik pada tiap rodanya. Keunikannya, sepeda motor tak akan rebah meski bergerak dalam kecepatan rendah bahkan saat berhenti. Kemampuan itu berkat penerapan sistem giroskopik.

Pengisian baterainya pun dilakukan secara nirkabel. Dalam hal ini, Charles menawarkan juga sebuah konsep cara bertransaksi jual-beli listrik antar pengguna lainnya.

Dalam pemaparan pada situsnya, Charles mengemukakan kalau konsep bisa dipergunakan untuk personal atau sebagai taksi di masa depan.

Konsep Cyclotron memang bukan sepenuhnya temuan Charles. Konsep tampaknya paduan berbagai teknologi yang sudah ditemukan dan diterapkan oleh pihak lain. Artinya, konsep tak lama lagi bisa diwujudkan, hanya tinggal persoalan waktu saja. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here