Honda RC213V MotoGP akan Aplikasi Garpu Hossack? Apakah Itu?

0
236
Honda RC213V MotoGP
Honda RC213V MotoGP dikabarkan akan menggunakan teknologi garpu Hossack. Foto: motorcyclist

NaikMotor – Honda RC213V MotoGP akan menggunakan garpu Hossack bisa saja terjadi dalam beberapa waktu mendatang. Atau bisa saja rancangan suspensi depan itu diterapkan pada model yang jauh lebih kecil, skuter matik.

Rumors memang selalu menyeruak dari berbagai pandangan. Seperti yang terjadi dari bocornya dokumen paten Honda yang berisi rancangan suspensi depan menggunakan garpu Hossack. Rancangan garpu depan yang berdesain shockabsorber tunggal itu memang salah satunya diterapkan pada sketsa model balap, dan sebuah lagi pada model skuter matik.

Garpu Hossack mengambil nama insinyur Inggris, Norman Hossack yang pertama kali mengembangkannya pada 1970-an. Garpu rancangannya pernah diterapkan pada BMW K1300 dan K1600.

Garpu Hossack
Garpu Hossack menggunakan sebuah shockabsorber dan dua wishbone. Foto: motorcyclist

Meski demikian, sebenarnya sketsa rancangan garpu depan Honda tak sepenuhnya seperti Hossack. Di dokumen paten sendiri tertulis, dikhususkan untuk sepeda motor balap, yang membutuhkan setang lebih rendah, dan kompak.

Rancangan Honda itu menggunakan sebuah wishbone pada bagian atas dan bawah seperti extender dari rangka. Serta ditautkan ke sebuah tabung yang bertindak sebagai engsel bagi garpu. Perangkat dibuat dari aluminium yang dicetak, berbentuk seperti Y terbalik yang memegang roda depan dan sistem rem.

Garpu Hossack
Garpu Hossack dengan extender di depan tabung kemudi. Foto: morebikes

Pada bagian atas, dua lengan akan meneruskan gerakan setang ke garpu memungkjnkan suspensi naik turun, sementara sebuah shockabsorber tunggal dibaut ke wishbone bawah, dan ke rangka.

Dalam sketsa tampak perbedaan cara menempatkan tabung kemudi utama yang ditautkan ke engsel depan wishbone. Sehingga wishbone bisa diperpanjang tanpa harus menambah dimensi panjang sepeda motor.

Penggunaan wishbone memungkinkan tambahan berat geometri, untuk mengurangi dive saat pengereman keras sebelum bagian belakang terangkat. Tentu akan berguna saat balapan, sepeda motor akan stabil.

Garpu Hossack
Honda Beat sepertinya akan menggunakan Garpu Hossack. Foto: morebikes

Sistem juga memungkinkan untuk penempatan titik berat di tengah, jika shockabsorber diletakkan di depan rangka, selain mengurangi gejala dive, memungkinkan pengaturan flex lateral lebih baik.

Selain akan diterapkan pada model sportbike RC213V, model lainnya pun tengah dibidik adalah Gold Wing. Bahkan rancangan lain yang sedikit berbeda dan lebih sederhana tampaknya tengah didaftarkan untuk model skuter matik kecil. Jika melihat silhouete-nya rancangan diperuntukan untuk model skuter matik Beat sepertinya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*