Motor-motor Masa Depan yang Dirancang Tahun 2016

0
289
Motor-motor Masa Depan yang Dirancang tahun 2016
Airbus Light Rider sepeda motor listrik hasil printer 3D. Foto: airbus

NaikMotor – Tahun 2016 baru saja berlalu, namun di tahun lalu itu ada banyak inovasi yang bisa saja menjadi titik tolak produk sepeda motor di masa depan. Berikut motor-motor masa depan yang dirancang tahun 2016:

Motor-motor Masa Depan yang Dirancang tahun 2016
MotoInno T3 dengan sistem kemudi dan suspensi parallelogram memudahkan pengendaraan. Foto: motoinno

MotoInno TS3, sepeda motor yang bagian depannya dirancang menggunakan sistem parallelogram. Rancangan yang membuat gaya akibat pengereman dan menikung bisa dieliminir, sehingga berbelok tak lagi menyulitkan.

Sistem suspensi depan parallelogram tersebut dirancang oleh perusahaan Australia, MotoInno. Sistem yang memungkinkan semua gaya hanya berpusat pada sistem kemudi hub depan. Rancangan tersebut diklaim ringan, memungkinkan radius putar dan respon kemudi lebih baik dibandingkan garpu biasa.

Motor-motor Masa Depan yang Dirancang tahun 2016
Thrustcycle Gyrocycle memungkinkan pengendara tak perlu menurunkan kaki saat berhenti atau bergerak lambat. Foto: thrustcycle

Thrustcycle self-balancing GyroCycle, memungkinkan pengendaraan sepeda motor yang tak harus menurunkan kaki.

GyroCycle membuat sepeda motor tetap berdiri tegak meski dalam kecepatan rendah atau berhenti, tentu berbeda dengan sepeda motor konvensional. Produk Thrustcycle itu mengandalkan roda gila giroskopis besar yang berputar terus menjaga agar sepeda motor tetap dalam posisi vertikal.

Rancangan itu pun sepertinya akan menjadi jawaban bagi kaum disabilitas untuk mengendarai kendaraan roda dua.

Motor-motor Masa Depan yang Dirancang tahun 2016
Dagger, superbike dengan rangka cetakan printer 3D. Foto: divergent

Sepeda motor hasil cetakan printer 3D dari Airbus dan Divergent, rancangan rangka seperti kerangka atau apapun yang bisa dibuat dengan printer 3D.

Cetakan 3D akan membuka banyak pilihan desain mulai dari yang mudah hingga rumit, baik bagi pabrikan atau industri kecil. Sebuah awal yang baik untuk para builder sepeda motor custom juga.

Kedua produk Dagger dan Airbus Light Rider akan menjadi indikasi yang akan segera terwujud dalam beberapa tahun ke depan.

Produk Airbus, Light Rider menampilkan desain yang ringan dibalik desain kerangka yang rumitnya terinspirasi dari H.R. Geiger. Sedangkan produk Divergent menampilkan desain rangka trellis kompleks tetapi elegan pada Dagger, sebuah konsep superbike. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*