Mengapa Desmosedici GP17 Dirahasiakan Saat Launching Tim Ducati?

3
138

NaikMotor – Kondisi finansial perusahaan global Ducati yang sangat baik memasuki tahun 2017, berdampak pada mulusnya upaya pengembangan motor Ducati Desmosedici GP17 di MotoGP. Meski hadir dengan livery baru Desmosedici GP17 di saat launching tim, namun Ducati baru mau membuka motor sesungguhnya nanti di Qatar.  

Angka penjualan motor pabrikan yang bermarkas di Borgo Panigale, Italia di tahun 2016 melonjak 1,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 55.450 motor Ducati dari berbagai tipe terjual di seluruh dunia sepanjang tahun lalu.

Finansial yang sehat membuat Ducati leluasa untuk menggelontorkan dana untuk aktivitas di luar penjualan, termasuk kegiatan balap. Tahun ini, tim Ducati Corse telah merekrut Jorge Lorenzo dengan bayaran cukup mahal, ditambah riset motor terbaru yang terus berjalan.

“Kondisi finansial kami sangat baik, tanpa memiliki hutang. Kami bisa membayar semua investasi yang telah direncanakan,” bangga CEO Ducati, Claudio Dominecalli. Di MotoGP, target yang dipatok sudah mutlak, yakni meraih gelar juara dunia. “Kami bertekad membawa titel juara dunia (MotoGP) ke Italia,” tegas Domenicalli.

Dalam usaha mengembalikkan kejayaan di ranah balap motor dunia, Tim Merah tidak main-main dalam membangun tim dan motor yang kompetitif. Casey Stoner dan Michele Pirro didapuk menjadi test rider yang bertugas memberikan masukan untuk pengembangan motor.

“Sejak kedatagan Gigi (Dall’Igna), motor Ducati memilik basis yang bagus. Kami terus melakukan pengembangan motor termasuk dalam tes (pramusim). Kehadiran Lorenzo menjadi tambahan kekuatan, dia adalah pemenang, dia juara dunia,” sanjung Pirro.

Guna mendapatkan setelan terbaik untuk Desmosedici GP17, Ducati menggelar tes privat bersama dua test ridernya di Sirkuit Sepang, Malaysia (25-27/1/2017), sebelum tes resmi IRTA diselengarakan di tempat yang sama pada 30 Januari sampai 1 Februari 2017.

Sementara itu, wujud sesungguhnya dari Desmosedici GP17 sejatinya masih belum terkuak. Motor yang ditampilkan pada launching tim Ducati (20/1/2017) merupakan motor versi tahun lalu dengan livery anyar. Salah satu yang menjadi pertanyaan, yakni bentuk fairing Desmosedici GP17 yang dibuat untuk menggantikan peran winglet dalam menjaga aerodinamik motor.

“Motor (Ducati) untuk tahun 2017 akan terlihat di Qatar (tes pramusim terakhir dan seri balapan pertama MotoGP 2017),” ungkap Manager Tim Ducati Corse, Gigi Dall’Igna tanpa mau menjelaskan alaasannya. Apakah berhubungan dengan fairing baru? atau menunggu hasil tes resmi sebelum seri Qatar mulai? (Yudistira/nm)

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*