Mengenal Remote Keyless System Suzuki GSX-R150

1
2145

NaikMotor – Tentunya kita perlu mengenal remote keyless system Suzuki GSX-R150, karena telah menjadi perangkat standar pada mini sportbike Suzuki tersebut. 

Perangkat remote keyless system (RKS) memungkinkan pemegang remote yang sesuai bisa membuka dan mengunci kemudi. Serta menyalakan sepeda motor mini sportbike Suzuki itu tanpa harus memasukkan kunci ke rumah kunci atau main switch.

Main switch berupa knop putar itu ada 4 posisi, Lock (kunci stang), Off (mesin), aksesori dan On. Penempatan main switch pada GSX-R150 tepat di depan tangki, bertujuan memberikan kemudahan pengoperasiannys.

Mengenal remote keyless system Suzuki GSX-R150

RKS pada GSX-R150 memungkinkan untuk melakukan fungsi standar kunci tanpa harus kontak secara fisik. Sistem memanfaatkan transmitter radio jarak pendek. Pada GSX-R150 untuk mengunci kemudi atau remote dari jarak jauh bisa dilakukan dari jarak 20 meter. Tetapi untuk fungsi menyalakan mesin atau keyless ignition system (KIS) hanya dari sekitar 1meter saja dari sepeda motor.

Saat berfungsi sebagai remote, RKS akan mengirimkan sinyal gelombang radio dengan frekuensi 433,92 MHz, yang berisi kode terenkrip ke penerima di sepeda motor. Jika kode sesuai tentu akan membuat kemudi sepeda motor bisa dibebaskan atau tak terkunci atau sebaliknya. Tiap sepeda motor akan memiliki kode berbeda atau unik.

Selain fungsi sebagai KIS, RKS juga memiliki fungsi kenyamanan lain seperti answer back. Fungsi yang akan menyalakan peringatan audio atau visual seperti klakson dan sein guna menentukan posisinya saat di parkiran misalnya.

Untuk fungsi KIS, remote harus berada sekitar 1 meter dari GSX-R150, sebab jika lebih maka sistem akan mematikan sistem kelistrikan, dan mesin sepeda motor tak bisa dinyalakan. Selain itu, seandainya pengendara lupa memposisikan knop putar pada main switch ke posisi off atau tengah maka dalam waktu 4 detik hazard akan menyala sekali dan kemudian secara otomatis knop bergeser ke posisi Lock.

Mengenal Remote Keyless System Suzuki GSX-R150. Foto: Suzuki
Suzuki GSX- R150 akan resmi mengaspal pada Februari 2017. Foto: Suzuki

Namun untuk membuka tangki dan bagasi, masih secara manual, dengan melepas knop main switch itu pada posisi aksesori atau titik antara Off dan On. Knop ternyata dilengkapi dengan anak kunci untuk membuka tangki dan bagasi tadi.

Sementara untuk keamanan unit, jika main switch diputar paksa tanpa remote, maka main switch akan berputar kosong atau istilah awamnya ngeloss.

Pada remote RKS disertakan pula label kode unik, untuk itu pemilik GSX-R150 diharapkan untuk menyimpannya baik-baik. Guna keperluan untuk pembuatan duplikat seandainya remote hilang atau rusak. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*