Geber GSX-R150, Tiga Pembalap Ini Jadi Wakil Indonesia di SAC 2017

2
102
SAC 2017
Tiga pembalap terpilih mewakili Indonesia di SAC 2017. Foto: Yudistira

NaikMotor – Tiga pembalap muda terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Suzuki Asia Challenge (SAC) 2017. Ahmad Saugy, Nur Alfath, dan Chepy Armansyah terpilih setelah menjadi tiga pembalap terbaik dari 15 peserta yang mengikuti seleksi SAC 2017 yang dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Sirkuit Sentlul, Bogor, Jawa Barat (26/1/2017).

Peserta seleksi saling beradu cepat menggunakan motor Suzuki GSX-R150 yang akan menjadi pacuan tunggal di SAC tahun ini. Motor yang digunakan masih dalam keadaan standar, hanya mengaplikasi ban balap IRC Fasti 1.

Ahmad Saugi sudah terlihat mendominasi sejak latihan bebas. Ia berhasil menorehkan catatan waktu lap terbaik di kisaran 2 menit 6 detik di FP1. Tapi, memasuki kualifikasi, Nur Alfath memberikan perlawanan ketat.

sac_seleksi_sentul
Foto: Istimewa

Bobot tubuh yang lebih berat sempat menyulitkan Saugi, hingga akhirnya ia harus puas finis di urutan tiga, sementara Alfath menjadi kampiun.

“Terima kasih kepada Allah SWT, terima kasih juga buat Suzuki yang sudah memberikan saya kesempatan untuk mengikuti ajang ini. Di race 1 saya tidak menang karena Bobot tubuh saya lebih berat, dan saya sempat salah strategi, sampai dilewati di lintasan lurus,” ungkap pembalap berusia 24 tahun itu.

Ketiga pembalap sepakat untuk berlatih keras guna mempersembahkan Juara Asia SAC kembali untuk Indonesia, setelah dua pembalap Tanah Air, Andreas Gunawan dan Jeffry Tosema menjadi pemenang  dalam dua tahun terakhir.

“Persiapan saya akan latihan fisik supaya stamina lebih bagus . Targetnya bisa Juara Asia lagi untuk Indonesia,” kukuh Chepy.

sac_seleksi_sentul_3

Para pembalap juga terkesan dengan performa Suzuki GSX-R150 yang jinak dibawa keluar masuk tikungan. Power yang disemburkan mesin 150cc DOHC sangat mumpuni, meskipun masih dalam keadaan standar.

“Bawa Suzuki GSX-R150 ini enak sekali menikung di (tikungan) ‘S kecil’ dan ‘S besar’ (Sirkuit Sentul). Saat mencpai top speed motor enggak goyang,” kesan Alfath.

Performa motor GSX-R150 juga ditopang grip ban IRC Fasti 1. “Saya baru pertama kali pakai Ban IRC Fasti 1, kalau  pakai Fasti2 sudah sering. Keluar tikungan lebih enak, tidak slide,” ujar Chepy yang biasa berlatih dengan motor Suzuki Satria F150 FI. (Yudistira/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*