Setelah Kotak Salad, Ducati Ujicoba Inovasi Aerodinamis Lain di GP17

2
95
Ducati Ujicoba Inovasi Aerodinamis Lain
Ducati mencoba wheel covers sebagai solusi aerodinamis di tes privat Sepang. Foto: Crash Media

NaikMotor – Hari ketiga tes privat tim-tim MotoGP jelang tes resmi di Sepang tetap diwarnai hujan, Jumat (27/1/2017). Setelah heboh kotak salad, Ducati ujicoba aerodinamis lain di Desmosedici GP17 di hari terakhir pengujian.

Ya, di antara enam tim pabrikan yang ikut melakukan tes privat, Ducati menjadi tim paling disorot dengan kehadiran Desmosedici GP17 baru serta Casey Stoner serta Michele Pirro sebagi pembalap penguji.

Pemasangan bodi belakang aneh di Desmosedici GP17 yang disebut mereka dengan sebutan kotak salad serta posisi knalpot yang bergeser ke samping menjadi bahan perbincangan. Sayangnya, hujan yang terus mengguyur tiap hari membuat pengujian mereka tak maksimal.

Di hari terakhir kemarin, Ducati menurunkan dua pembalapnya sekaligus. Kali ini, Michele Pirro muncul membawa GP17 dengan wheel cover di mana bagian kedua rodanya kini ditutupi. Di MotoGP Misano lalu, langkah ini telah Ducati coba namun  hanya di bagian roda belakang. Diyakini hal ini terkait dengan evaluasi aerodinamis sebagai solusi dilarangnya winglet.

Bintang penguji Ducati, Casey Stoner juga terlihat turun namun terlihat terganggu masalah teknis, sehingga harus berhenti dua kali di tikungan 12. Ia juga masih terus mencari setelah yang pas dengan dan tanpa winglet memanfaatkan kondisi trek kering sebekum sore diguyur hujan.

Sementara dari kubu tim Movistar Yamaha yang menurunkan pembalap penguji Katsuyuki Nakasuga juga mencoba winglet berwarna putih di YZR-M1.

Ya, seluruh tim benar-benar melakukan berbagai formasi setup menyambut tes resmi pada Senin (30 Januari sampai 2 Februari) di Sepang oleh pembalap utama mereka.

Pembalap lain yang terlihat adalah Hiroshi Aoyama (Honda), Mike di Meglio (Aprilia) dan Mika Kallio (KTM) seperti dilaporkan Crash.net (Arif/nm)

sepang_tes_privat_2017-1

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*