Honda Sedang Membangkitkan Kembali Adventurer Dominator

0
48
Honda Sedang Membangkitkan Kembali Adventurer Dominator
Sketsa paten Honda dual sport baru yang ditengarai sebagai reinkarnasi Dominator. Foto: Blogo

NaikMotor – Melalui sebuah sketsa dokumen paten yang bocor ke publik, diperkirakan Honda sedang membangkitkan kembali adventurer Dominator yang popular pada era 1990-an.

Sketsa itu menggambarkan sepeda motor dengan sosok mirip Dominator, jok panjang sehingga menutupi sebagain atas tangki, posisi duduk yang tegak dan adanya mudguard di depan. Pada bagian belakangnya pun ada rak dan jok pembonceng terpisah seperti Dominator masa lalu.

Honda Sedang Membangkitkan Kembali Adventurer Dominator
Honda Dominator 650 cc yang diproduksi 1988-2001. Foto: Honda

Model dual sport Honda Dominator sejatinya diproduksi antara 1988-2001, bermesin 4 langkah 643,7 cc silinder tunggal. Mesin menghasilkan 44 daya kuda @ 6.000 rpm, dan torsi 53 Nm @ 5.500 rpm. Dominator dilengkapi transmisi manual 5 percepatan. Sebagai adventurer Dominator dilengkapi roda ukuran 21 inci di depan, belakang 17 iinci dan tangki berkapasitas 16 L serta rak terintegrasi.

Meski didesain sebagai sepeda motor kompromi untuk on dan offroad, Domi sebutan khas Dominator didesain dengan mudguard, footpeg rendah dan suspensi cenderung soft. Sehingga Domi seperti akan lebih banyak di jalan raya daripada offroad.

Pada sketsa itu tampak pula adanya beberapa switch di stang kiri, diperkirakan sebagai switch untuk riding mode. Serta multi function selector agar pengendara bisa mengatur seberapa besar keluaran tenaga dan sebagainya. Tetapi bisa saja bukan Dominator yang akan dimunculkan jika sketsa patent itu diwujudkan, mungkin CRF650Rally? (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*