Setelah Valencia dan Sepang, Vinales Dominasi Final Tes MotoGP Australia

0
64
Vinales dominasi Final Tes MotoGP Australia
Maverick Vinales meneruskan dominasinya sepanjang tes MotoGP 2017 di Phillip Island. Foto: AusMotoGP

NaikMotor – Maverick Vinales dominasi final tes MotoGP Australia 2017 selain di tes Valencia dan Sepang sebelumnya. Di hari terakhir tes, tak ada satupun pembalap yang bisa mengatasi perolehan waktu lap terbaik milik pembalap Movistar Yamaha ini.

Rekor 1 menit 28,489 detik milik pembalap berjuluk ‘Top Gun’ menjadi waktu putaran tercepat dalam tiga hari tes di Sirkuit Phillip Island, sekaligus rekor waktu lap terbaik di era penggunaan ban Michelin dan ECU Magneti Marelli. Vinales dominasi final tes MotoGP Australia juga terlihat di sesi akhir tes, Jumat (17/2/2017) dengan kembali mencetak waktu terbaik 1;28 detik mesti belum memecahkan pencapaiannya.

Marc Marquez yang berkali-kali melakukan flying laps demi mengejar waktu putaran terbaik, tidak bisa menundukkan waktu lap lebih baik dari 1 menit 28,843 detik, dan harus puas menempati urutan kedua, terpaut 0,190 detik lebih cepat dari rekannya di Repsol Honda, Dani Pedrosa.

final_tes_motogp_australia_2017-3

Pembalap dengan nomor motor #26 itu menunjukkan konsistensi kecepatan di hari terakhir tes MotoGP Australia. Pencapaiannya di hari terakhir cukup bagus untuk menutupi kekecewaannya tidak bisa berbuat banyak di hari kedua tes, akibat mengalami infeksi tenggorokan.

Kepercayaan diri tinggi Jonas Folger membawanya tampil lebih impresif di hari terakhir. Pembalap Tim Monster Yamaha Tech 3 itu sukses menaklukkan waktu lap 1 menit 29,042 detik. Pun begitu dengan Cal Crutchlow yang menyodok ke urutan lima daftar pencetak waktu lap tercepat. Dengan yakin Crutchlow mengatakan, jika balapan sesungguhnya dilakukan besok, ia bisa bersaing dengan Vinales, Marquez, Valentino Rossi. Malah, Cal Crutchlow mencatat waktu konsisten 1:29 detik selama long run dalam 15 lap!

Satu lagi pembalap yang memberi kejutan di Australia, yakni Alex Rins, yang mana pembalap Suzuki Ecstar tersebut melejit ke urutan enam, mengukir best time 1 menit 29,103 detik, lebih cepat nyaris setengah detik dari rekan setimnya, Andrea Iannone yang menghuni posisi ke-12.

Tes_motoGP_Australia_2017_Day2 (2)
Cal Crutchlow dan Alex Rins impresif di hari terakhir tes

Hasil lumayan positif direngkuh Jorge Lorenzo yang menanjak performanya di hari terakhir tes. Lorenzo akhirnya bisa konsisten mengitari Sirkuit Phillip Island dalam waktu 1 menit 29 detik. Perolehan waktu lap terbaik Lorenzo lebih cepat 0,016 detik dari rekor milik pembalap tuan rumah, Jack Miller.

Mesin dan faring baru Aprilia RS-GP sudah bisa membuat Aleix Espargaro memiliki kecepatan yang kompetitif. Di hari terakhir, Aleix punya waktu lap lebih baik dari Valentino Rossi, di mana keduanya menempati urutan 10 dan 11.

Perkembangan Tim KTM MotoGP menunjukkan tren positif. Pol Espargaro dan Bradley Smith dapat menembus waktu lap di kisaran 1 menit 29 detik.(Yudistira/nm)

Final_test_MotoGP_Phillip_Island

LEAVE A REPLY

*