Van der Mark Masih Kesulitan Tekuk R1M di Tes Phillip Island

1
di Tes Phillip Island
Michael van der Mark di tes WSBK Phillip Island. Foto: Yamaha

NaikMotor – Dua hari di tes Phillip Island Australia (20-21/2/2017) menjadi kesempatan terakhir tim-tim peserta World Superbike (WSBK) Championship 2017 untuk berbenah, termasuk di antaranya skuad Pata Yamaha.

Alex Lowes dan Michael Van der Mark mengeksplorasi kekuatan Yamaha R1M selama dua hari tes dan mendapatkan data-data penting untuk dikembangkan menjelang seri pertama kompetisi WSBK akhir pekan nanti.

Sempat menelan kekecewaan karena tidak bisa memaksimalkan tes hari pertama akibat guyuran deras di Phillip Island, Alex Lowes tidak membuang waktu untuk melakukan simulasi balap selama 18 lap di awal sesi tes hari kedua. Di sore hari, pembalap asal Inggris menaklukan 22 lap untuk menguji ketahanan kompon ban Pirelli.

Alex memiliki rekor waktu lap tercepat 1 menit 31,629 detik, terpaut satu detik lebih lambat dari pembalap tercepat di tes WSBK Australia, Jonathan Rea.

“Tim sudah melakukan pekerjaan yang bagus. terdapat beberapa area (di motor) yang masih harus diperbaiki setelah kami kehilangan banyak waktu kemarin karena kondisi cuaca. (Hari kedua tes) kami melakukan banyak putaran dan menghimpun informasi untuk tim dan saya sendiri menjelang (balapan) akhir pekan,” ujar Alex.

Sementara itu di tes Phillip Island, Michael van der Mark bersusah payah memanfaatkan waktu yang terbuang setelah mengalami insiden di awal sesi tes hari kedua. ‘Menir’ Belanda menggunakan motor Yamaha R1M pengganti untuk melanjutkan tes, dan ia merasa kurang puas dengan hasil tes yang didapatkan.

“Pagi ini (Selasa) Kami melakukan perubahan besar pada motor dibandingkan (setup) pada hari pertama, tapi rasanya masih di luar harapan saya, jadi saya cukup kesulitan di awal. Saya mengalami kecelakaan parah di tikungan ke delapan setelah kehilangan (feeling) bagian depan motor, setelah itu saya melanjutkan dengan motor kedua. Saya mencetak waktu lap terbaik di sore hari, tapi saya belum cukup puas dengan setup (motor). Saya mengikuti Alex sore hari ini dan membuat saya memahami apa yang harus ditingkatkan, jadi sekarang kami harus mengecek data untuk membuat saya bisa lebih baik dan percaya diri pada balapan akhir pekan nanti,” papar Michael van der Mark. (Yudistira/nm)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here