Tes Privat Honda di Jerez, Marquez dan Pedrosa Bongkar Big Bang

0
87
Marquez Alami Keseleo Bahu Akibat Jatuh di Tes Privat Jerez
Marquez melakukan tes di Sirkuit Jerez, Spanyol. Foto: Honda

NaikMotor – Tim Repsol Honda memastikan segera menggelar tes privat di Sirkuit Jerez, Spanyol (24-25/2/2017). Marc Marquez dan Dani Pedrosa akan kembali menjajal komponen baru Honda RC213V dalam tes privat Honda di Jerez.

Setelah mendapatkan peningkatan kecepatan di Sirkuit Phillip Island dalam tiga hari tes (15-17/2/2017), Repsol Honda merasa masih butuh tes tambahan untuk mendapatkan setup terbaik RC213V. Kedua pembalap akan membongkar kelebihan dan kelemahan mesin baru.

Keselarasan perangkat elektronik dengan mesin ‘big bang’ terbaru menjadi fokus pengembangan Honda saat ini. Di Australia, Meskipun bisa melahap banyak putaran dan mencatatkan waktu lap konsisten di 1 menit 29 detik, Marquez masih merasa kurang sreg dengan setelan motornya.

“Kami (masih) kekurangan sesuatu pada elektronik dan mesin. Kelihatannya HRC mulai paham apa yang saya inginkan dari mesin (baru). (setelan mesin) masih belum seperti yang saya inginkan, tetapi sudah semakin baik,” ungkap Marquez setelah tes di Australia.

Hasil Marquez di tes Phillip Island telah memperlihatkan sebagai salah satu pembalap yang konsisten dengan lap time-nya, meski demikian ia mengaku masih melihat Yamaha memiliki keunggulan di tikungan 1 dan delapan.

Hal senada diungkapkan Pedrosa yang juga memetik hasil bagus, menjadi pembalap tercepat ketiga pada tes MotoGP Australia, menurutnya Honda masih harus menyesuaikan setelan elektronik.

“Tim sudah bekerja sangat baik, kami masih fokus pada elektronik dan setup motor,” ujar Pedrosa.

Tes di Jerez nanti akan dimanfaatkan untuk mengevaluasi mesin baru dan mesin lama, menyesuaikan dengan kebutuhan pembalap. Honda juga belum memastikan akan menggunakan fairing baru untuk kompetisi tahun ini, seperti yang sudah dilakukan Yamaha dan Suzuki—memasang fairing dengan winglet terselubung guna memberikan downforce lebih baik.

Belum diketahui apakah hanya Marquez dan Pedrosa yang melakukan tes privat Honda di Jerez, atau test rider Hiroshi Aoyama serta pembalap tim satelit, Jack Miller dan Cal Crutchlow akan diboyong pula. Seperti diketahui, Honda memberikan motor dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda untuk pembalap tim pabrikan dan satelit. (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY

*