AHM Tambah Jumlah SMK Binaan Honda di Provinsi Jawa Timur

0
SMK Binaan Honda
Peresmian kerjasama AHM dengan SMK di Jawa Timur. Foto: AHM

NaikMotor – PT Astra Honda Motor (AHM) dipercaya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk mengembangkan SMK Pilot Project berbasis kompetensi di Provinsi Jawa Timur. AHM bertanggung jawab dalam pengembangan pendidikan vokasi di bidang keterampilan teknik sepeda motor di SMK binaan Honda.

AHM dan Dinas Pendidikan Jawa Timur melakukan kerjasama dengan 10 SMK di Jawa Timur yang akan menjadi SMK binaan Honda untuk mendalami kurikulum teknik sepeda motor.  Prosesi penandatanganan kerjasama telah dilakukan dalam rangkaian acara Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri Kementerian Perindustrian di Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (28/2/2017).

Direktur HR, GA & IT AHM, Markus Budiman perwakilan dari industri, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Kementerian Perindustrian, Mujiyono, Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan M. Mustagfirin Amin, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman, dan 10 Kepala SMK wilayah Jawa Timur membubuhkan tanda tangan di atas nokta kerjasama. Prosesi tersebut disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, dan Gubernur Jawa Timur. Soekarwo.

“KTSM Astra Honda kami gulirkan di seluruh Indonesia secara komprehensif. Dengan kurikulum berbasis teknologi terkini, kami memberikan pelatihan yang terukur dalam beberapa tingkat sertifikasi untuk peningkatan kompetensi para guru. Kami juga mendorong SMK binaan kami bisa menjadi Tempat Uji Kompetensi dengan dukungan sistem e-Database dan e-Learning yang terintegrasi ke sekolah,” urai Markus Budiman.

Setelah peresmian kerjasama, AHM memberikan satu unit sepeda motor dan special tools kepada 10 SMK yang akan menjadi binaan AHM dan mengaplikasikan kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda dalam proses pembelajaran siswa.  KTSM Astra Honda saat ini sudah dijalankan oleh 630 SMK di 30 Provinsi di Indonesia. Kurikulum tersebut mendorong siswa untuk meningkatkan kualitas keahlian di industri roda dua, supaya bisa kompetitif saat terjun ke dunia kerja atau membangun wirausaha.

SMK TSM Astra Honda di wilayah Provinsi Jawa Timur dikelola AHM berkerjasama dengan Main Dealer Honda di Jawa Timur, PT Mitra Pinasthika Mulia. Saat ini 91 SMK yang tersebar di 32 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur telah menjadi SMK binaan AHM. (rls/NM)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here