Apakah Marquez Jatuh di Jerez Karena Sete Gibernau Kembali Balapan?

0
Sete Gibernau Kembali Balapan
Sete Gibernau hadir di Jerez saat Private Test Repsol Honda MotoGP, akhir Februari 2017 lalu. Foto: Blogo

NaikMotor – Saat tes privat tim Honda beberapa waktu lalu di Jerez, Sete Gibernau sebagai pelatih Dani Pedrosa ikut menjajal RC213V. Akankah Sete Gibernau kembali balapan bersama Honda MotoGP?

Pertanyaan yang sedikit menggelitik karena memang saat private test tim MotoGP berlogo sayap di Jerez, Sete bertindak sebagai konsultan Dani tentunya. Namun bukan hanya itu, Sete yang pernah menjadi joki motor balap Honda ternyata turut menjajal RC213V tunggangan Pedrosa dan Marquez beberapa lap di sirkuit Jerez de la Frontera itu.

Penyebab Sete langsung menggunakan RC213V itu bukan karena hanya ingin mengetahui karakter sepeda motor yang baru tersebut, tetapi juga untuk mempercepat keringnya trek. Sebuah alasan yang mengelitik juga, bukan?

Cerita menggelitik itu pun belum berhenti sampai di situ. Pelaksanaan private test yang direncanakan selama dua hari itu hanya berlangsung sehari saja, karena hari pertama, Jumat (24/2/2017) hujan turun di sirkuit di Spanyol itu. Padahal keputusan memindahkan tes privat ke Jerez karena untuk menghindari cuaca hujan di Sepang Malaysia, tempat yang direncanakan sebelumnya.

Barulah pada hari kedua, Sabtu (25/2/2017) pengetesan khusus itu bisa dijalankan, meski mendung masih menggantung pada pagi hari Sabtu itu, dan trek pun belum kering benar. Rupanya saat itulah peran Sete diperlukan saat menjelang siang, sebagai “penyapu jalan.” Sete Gibernau kembali balapan menjajal trek.Tetapi ternyata sapuannya kurang bersih, sebab setelah itu Marquez tergelincir sehingga menyebabkan bahunya mengalami keseleo.

Sete pembalap veteran dari Spanyol berusia 44 tahun itu pernah 2 kali juara di kelas utama dengan RC211V saat tergabung di Gresini Team 2003-2004. Debut pertamanya di GP500 (mesin 2 langkah) pada 1997 bersama Yamaha, kemudian berpindah ke Honda dan Suzuki. Dan saat balapan dunia itu berubah menjadi MotoGP (mesin 4 langkah 990cc), Sete tengah bersama Suzuki pada 2002.

Sete Gibernau Kembali Balapan
Sete Gibernau saat tergabung tim Telefonica Honda. Foto: Blogo

Tahun berikutnya, Gibernau pindah ke Honda Fausto Gresini, dengan hasil yang gemilang 8 kali kemenangan dan 12 kali podium, sekaligus pesaing Valentino Rossi terdekat.

Pada 2006, Sete dikontrak Ducati MotoGP bersama Loris Capirossi untuk menunggangi Desmosedici yang sebelumnya digunakan Troy Bayliss dan Carlos Checa. Tetapi di sana Sete tak berhasil menyapu bersih podium, dan membuatnya kemudian menggantung helm.

Tetapi pada 2009, Gibernau kembali menjajal trek balapan konsep kelas dunia itu kali ini ia digandeng Grupo Franscisco Hernando, tim satelit Ducati. Sayangnya baru pada pertengahan musim, tim berlatar kontraktor itu ternyata dananya sudah bersih tersapu, dan berfokus ke dunia kontraktor kembali, karena mengurusi balapan dianggap salah fokus. Sete pun tak lagi bisa berbalapan dan kali ini dia benar-benar bersih dari dunia balap alias pensiun. (Eky/Afid/nm)

Sete Gibernau Kembali Balapan
Kiprah terakhir Sete Gibernau di MotoGP 2009 sebagai pembalap. Foto: Blogo

LEAVE A REPLY