Pit Board Akan Digantikan Dashboard Message di MotoGP Losail

0
Dashboard Message di MotoGP Losail
Dashboard message kelak bisa saja pesan singkat khusus internal tim. Foto: Blogo

NaikMotor – Race Director MotoGP, Mike Webb mengisyaratkan pit board akan digantikan dashboard message di MotoGP Losail, akhir Maret 2017 mendatang.

Meski silang pendapat di antara tim dan pembalap balapan konsep dunia itu masih mengemuka, penggunaan dashboard message di MotoGP Losail mungkin saja terjadi. Marc Marquez juara MotoGP 2016 menyatakan ketidaksetujuannya di hadapan para jurnalis saat peluncuran All New Honda CBR250RR di Sentul, (26 /10/2016).

“Pendapat pribadi saya, itu tidak perlu. Kecuali untuk pesan safety. Sebab jika terlalu banyak pesan yang masuk malah akan membuat kami bingung, dan itu berbahaya. Karena seharusnya pembalap berkonsentrasi pada trek bukan pada pesan di sepeda motor.”

Sementara, Valentino Rossi justru sebaliknya, “Ya, saya setuju, itu hal yang baik. Sebab, saya selalu membuat keputusan keliru saat balapan, maka dengan pesan di dasbor, saya akan dimudahkan.”

Dashboard Message di MotoGP Losail
Mike Webb, Race Director MotoGP 2017 memgisyaratkan penerapan dashboard message di Losail, Maret 2017. Foto: Blogo

Meski demikian pesan di dasbor motor balap MotoGP akan tetap dilanjutkan, seperti yang dinyatakan oleh direktur teknologi MotoGP, Corrado Cecchinelli, “Saat pengujian di Qatar nanti akan ada update software.”

Sementara Mike Webb menegaskan penerapan virtual messaging itu kepada media Crash.net yang mewawancarainya, Kamis (2/3/2017). “Teknologinya sendiri sudah siap, memang kami masih harus meyakinkan semua tim, termasuk pembalap, akan apa yang kami lakukan dalam konteks yang memungkinkan. Memang masih ada yang tidak setuju, dan pembicaraan masih berlanjut.”

Menurut Webb, sebenarnya pesan yang ditampilkan akan sangat pendek, jelas, dan mudah dimengerti. ” Saat ini baru 5-6 pesan yang sudah disimpan dalam sistem yang telah kami definisikan, tetapi tergantung pada tim mau memakainya atau tidak. Selain itu, ada bagian yang memungkinkan setiap tim menuliskannya sesuai kebutuhan, misalnya apakah akan terus balapan meski cuaca mulai hujan.”

Dashboard Message di MotoGP Losail

“Semoga saja di kemudian hari akan ada hal baru. Secara pribadi, saya belum yakin benar menerapkan no limits communication itu sebuah ide yang baik”.

Selain dashboard message, Dorna akan menerapkan sistem kamera baru untuk memantau batas trek dan mengirimkan pesan akan penalti ke pembalap jika mereka membahayakan. Sistem kamera pengawas akan diterapkan selama musim MotoGP 2017. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here